21 October 2021

Bogorupdate.id | Info Bogor Terkini

Dewan PKS Apresiasi Dibukanya Situ Lebak Wangi dan Berikan Catatan

BOGORUPDATE.ID — Anggota DPRD Kabupaten Bogor dari Fraksi PKS, Achmad Fathoni mengapresiasi dibukanga Situ Lebakwangi menjadi destinasi wisata di Bogor Utara. Apalagi dengan menyerahkan pengelolaan obyek wisata tersebut kepada BUMDes, yang bisa meningkatkan PADes.

Pihaknya berharap, perhatian serupa juga dilakukan kepada situ-situ lain yang sudah layak untuk dijadikan obyek wisata.

“Semoga didorong dan difasilitasi situ-situ yang lain, agar bisa seperti Situ Lebakwangi,” ucap Fathoni kepada Bogorupdate.id, Sabtu (9/10/2021).

Menurut politikus PKS asal Dapil II ini, ada beberapa situ yang juga sudah layak untuk dikelola secara profesional sehingga menghasilkan pendapatan bagi desa dan membawa keuntungan bagi warga sekitarnya.

“Situ Tunggilis sudah satu tahun lebih kita ajukan dan dapat dukungan untuk dikelola BUMDes, tapi masih terkendala. Demikian juga dengan Situ Citongtut, di Cicadas, Situ Gunung Putri, serta Situ Bantarjaya di Gunung Sindur,” tambahnya.

Keberadaan situ-situ tersebut sangat membutuhkan perhatian, pembinaan dan pendampingan oleh Pemerintah, baik Pemda maupun pemerintah pusat.

“Kita ajukan untuk dikelola BUMDes bersama masyarakat, tapi sampai sekarang belum dapat perhatian dan dukungan, baik Pemkab, Pemprov maupun Pemerintah Pusat. Perizinan saja masih menggantung untuk persetujuannya. Sementara secara fisik, penyerobotan dan pemanfaatan sempadan situ oleh oknum seperti dibiarkan saja,” ucapnya geram.

Pihaknya berharap, dengan momentum diresmikannya Situ Lebakwangi, akan diikuti perhatian yang sama bagi situ-situ lain di Kabupaten Bogor.

Terkait statement Menteri BUMN Erick Tohir, perihal penyaluran CSR BUMN, ia berharap agar bisa diteruskan penyalurannya pada kegiatan pelestarian dan penjagaan lingkungan hidup.

“Alhamdulillahi robbil ‘alamiin peran serta dan kesadaran masyarakat sudah mulai meningkat. Masyarakat mulai sadar pentingnya menjaga situ, sungai, curug dan alam demi keberlangsungan kehidupan mereka dan generasi yang akan datang,” tambah Sarjana Teknik dari Universitas Sebelas Maret ini.

Iya menambahkan, yang sudah support malah dari kalangan akademisi, yaitu LPPM Universitas Pakuan, yang sudah membuatkan desain perencanaan serta pembimbingan.

Tak hanya situ, potensi wisata yang terabaikan juga terjadi di beberapa curug dan sungai. Padahal keelokan dan kesejukan tanah Pajajaran begitu disayangkan untuk dilewatkan.

“Kebanyakan masyarakat sudah mulai bergerak mengelola dan memanfaatkannya utk obyek wisata. Tapi perhatian pemerintah masih kurang. Contoh Curug Green Canyon atau Curug Ciomas di Desa Cikutamahi, Kecamatan Cariu. Untuk bikin plang nama saja masyarakat harus swadaya, cari dukungan dana. Loket resmi, parkiran resmi dan fasilitas lain dari Pemda sama sekali belum ada. Sehingga yang terjadi, pengunjung masuk lewat loket Karawang dan PAD pun masuk ke Karawang,” pungkasnya.

1 thought on “Dewan PKS Apresiasi Dibukanya Situ Lebak Wangi dan Berikan Catatan

  1. Alhamdulilah semoga destinasi wisata kab bogor semakin terdepan semakin bermanpaat buat masyarakat sekitar khususunya.. Apalagi dengan Di dukungnya oleh Wakil rakyat yang.. Mau peduli Dan terjun langsung memperjuangkan masyrakatnya semangat Terus jangan kendor buat bpk H. AHMAD PATONI DPRD KAB BOGOR PRAKSI PKS…Mudah2 an BUPATI BOGOR IBU ADE YASIN selalu di berikan kesehatan Dan dapat berkunjung ke wista Bogor Timur perbatasan dengan kab karawang GREEN CANYON CARIU BOGOR DENGAN NAMA ASLI CURUG CIOMAS TINJONG…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *