17 January 2022

Bogorupdate.id | Info Bogor Terkini

Didaulat Menjadi Penasihat Dekopinda, H. Sulaeman Nyatakan Komitmennya

BOGORUPDATE.ID — Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Bogor H. Sulaeman, ST menyatakan komitmennya ketika dirinya didaulat menjadi Penasihat Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Bogor.

Pernyataan tersebut ia ungkapkan dalam pertemuan dengan kepengurusan baru Dewan Koperasi Indonesia Kabupaten Bogor periode 2020 – 2025 di Sindangbarang, Selasa (26/1/2021).

Di tengah kesibukannya sebagai Anggota Legislatif, sosok yang dikenal sebagai orang yang lahir dari gerakan koperasi masih bersedia bersilaturahim dengan pengurus baru Dekopinda Kabupaten Bogor.

Bertempat di Kantor Dekopinda Kabupaten Bogor, Jl. Ibrahim Adjie, Sindangbarang, pertemuan tidak resmi yang juga dihadiri oleh Pengurus Dekopinda periode sebelumnya serta pengurus Dekopinda yang terpilih di Musda 17 Desember 2020 lalu berlangsung akrab dan bersahaja.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua terpilih, Pepi Januar Pelita, menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan yang telah diberikan kepada gerakan koperasi dalam segala bentuknya.

Pria yang saat ini  menjabat sebagai Ketua Pusat Koperasi Syariah Kabupaten Bogor itu menyampaikan sekilas permasalahan gerakan koperasi di Kabupaten Bogor. Salah satu yang menjadi pembahasan adalah  terkait komitmen Pemda untuk mendukung wadah  gerakan koperasi melalui pengalokasian dana yang proporsional kepada Dekopinda.

“Alokasi anggaran di tahun ini menurun padahal saat yang sama kepengurusan baru membutuhkan dukungan keuangan yang memadai untuk membantu pemerintah dalam membina gerakan koperasi,” tutur Pepi Januar.

Di kesempatan yang sama, H. Nana Sukmana menyampaikan kondisi Dekopinda yang saat ini membutuhkan support, utamanya terkait dengan pelaksanaan program.

Pria yang saat ini  menjabat wakil Ketua di Koperasi Oriza Satyva menuturkan tentang sekilas perjalanan Dekopinda serta kerja-kerja kongkrit yang sudah dilakukan Dekopinda di periode sebelumnya.

Pihaknya berharap kepengurusan baru ini bisa lebih baik dalam pelaksanaan program-program perkoperasian dengan dukungan nyata dari Dinas terkait.

H. Sulaeman yang didaulat menjadi Penasihat Dekopinda periode 2020- 2025 menyatakan komitmennya untuk mengabdi bagi kepentingan masyarakat khususnya gerakan koperasi.

“Walaupun saya jadi anggota legislatif tidak secara langsung didukung oleh gerakan koperasi, namun komitmen saya tidak berkurang. Karena saya lahir dari gerakan koperasi,” tutur Pria yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua pengurus Koperasi Konsumen Swadaya Pribumi.

Terkait dengan posisinya di Komisi II, yang salah satu concernya  adalah Koperasi, ia menegaskan tentang dukungan sesuai kapasitasnya sebagai anggota legislatif  untuk mendorong agar pihak terkait mampu mengalokasikan dana yang proporsional untuk Dekopinda Kabupaten Bogor, sebagai satu-satunya  wadah gerakan koperasi di Kabupaten Bogor.

“Wadah gerakan koperasi yaitu Dekopinda Kabupaten Bogor, adalah penyemai nilai-nilai Koperasi sebagai amanat konstitusi Dengan demikian harus diberikan porsi yang sama seperti halnya  organisasi legenda lainnya seperti PMI, Pramuka, KNPI,” tegas pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Fraksi PKS ini.

Pertemuan diakhiri dengan foto bersama serta penandatanganan kesediaan H. Sulaeman menjadi Penasihat Dekopinda Kabupaten Bogor Periode 2020-2025.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *