1 December 2021

Bogorupdate.id | Info Bogor Terkini

DPRD Angkat Bicara Soal Penilaian Ombudsman pada DLH Kabupaten Bogor

BOGORUPDATE.ID – Melihat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor dianggap tidak sanggup menangani pencemaran sungai Cileungsi oleh Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya, DPRD Kabupaten Bogor angkat bicara.

Menurut Anggota DPRD Kabupaten Bogor dari Fraksi PKS, Achmad Fathoni, sebaiknya DLH Kabupaten Bogor menjawab tudingan Ombudsman Jakarta Raya dengan bukti nyata.

“Mestinya jawab saja dengan satu hal, yaitu tindakan nyata dalam menangani pencemaran sungai. Tindak tegas perusahaan yang melakukan pencemaran sesuai peraturan yang ada, UU No.32 tentang Lingkungan Hidup,” jelas Fathoni kepada Bogor Update, Sabtu (31/8/2019).

Pihaknya melihat sudah adanya upaya dari pihak DLH dengan melakukan penutupan secara permanen saluran pembuangan limbah dua perusahaan yang tahun 2018 lalu sudah disegel.

“Saya sudah melihat langsung DLH kemarin Jumat (30/8/2019) benar-benar melakukan hal itu (penutupan saluran limbah). Saya menemani penindakan sampai pukul 16.oo,” tambahnya.

Dua saluran yang ditutup adalah milik PT Multi Guna Plastik (MGP) di Desa Kembangkuning, Kecamatan Klapanunggal, dan PT Hengtraco Teknik Indonesia (HTI) di Desa Cicadas, Kecamatan Gunungputri.

Baca Juga : DLH Kabupaten Bogor Jawab Tudingan Ombudsman Jakarta Raya

Ia berharap ini menjadi awal yang baik dari DLH Kabupaten Bogor untuk membuktikan bahwa penilaian Ombudsman tidak pas untuk DLH saat ini.

“Kita berharap Ibu Bupati bisa memimpin penindakan ini, sehingga bisa menjadi ikon pembela lingkungan hidup,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *