17 January 2022

Bogorupdate.id | Info Bogor Terkini

DPRD Pertanyakan Keikutsertaan Sekwan ke Busan Bersama Bupati

BOGORUPDATE.ID – Keikutsertaan Sekretaris Dewan ke Busan bersama Bupati Ade Yasin dipertanyakan oleh Ketua DPRD Rudi Susmanto. Ia bertolak dari Jakarta pada Senin (23/9/2019) malam, hanya hitungan jam setelah pelantikan pimpinan DPRD.

Bukan tanpa alasan, Rudi menjelaskan bahwa DPRD punya banyak pekerjaan yang harus segera diselesaikan. Pihaknya harus berkoordinasi dengan Sekwan untuk mengerjakan itu, di antaranya mengenai Alat Kelengkapan Dewan dan Tatib.

Dengan bertolaknya Sekwan ke Korea Selatan bersama Bupati, ia menganggap bahwa Sekwan lebih mementingkan hal itu ketimbang mengurus sekretariat DPRD.

“Tadinya di awal minggu ini kita mau sinkronisasi dengan Sekwan. Padahal tidak nyambung juga kenapa Sekwan ikut berangkat ke Korea,” papar Rudy kepada awak media.

Menurutnya, ia mendukung pengembangan dan investasi pariwisata. Namun tidak bagi sikap Sekwan, terutama di masa-masa krusial sekarang ini.

“Akhir Oktober itu seharusnya kita sudah bisa merampungkan AKD dan Tatib. Pembahasannya tidak memerlukan waktu yang sebentar,” tambahnya.

Secara aturan, dalam pembahasan RAPBD 2020, diperlukan finalisasi dari AKD maupun Tatib. Di mana di dalamnya terdapat sub bagian untuk pengesahan kebijakan. Seperti Badan Musyawarah (Banmus), Badan Anggaran (Banggar), ataupun Badan Pembuat Peraturan Daerah (Bapemperda).

“Harusnya di awal ini ada sinkronisasi dulu, di setwan maupun pimpinan. Meskipun memang tidak perlu ada Sekwan di pembahasan AKD dan Tatib,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *