BOGORUPDATE.ID — Setelah banyaknya keluhan yang di ungkapkan warga perumahan Citra Indah terkait adanya kenaikan pembayaran PDAM selama beberapa bulan terakhir. Komisi 2 DPRD Kabupaten Bogor memanggil pihak PDAM Tirta Kahuripan pada Rabu siang (4/8/2020).

Terlihat di antara anggota legislatif yang hadir diantaranya ketua Komisi 2 Leo Hananto Wibowo, H. Adi Suwardi, H. M. Hanafi, H. Sulaeman, H. A. Tohawi, M. Rizky, Kukuh Sri Widodo, H. Irvan, H. Usep, Hj. Dian Rosita dan beserta jajaran Komisi II lainnya.

Dimintai keterangan pasca pertemuan dengan pihak direksi PDAM Tirta Kahuripan, Sulaeman yang juga anggota DPRD Kab. Bogor asal Kecamatan Jonggol mengatakan bahwa tarif air yang dikenakan PDAM kepada pelanggan Citra Indah banyak yang tidak wajar atau irasional. Hal ini tentu sangat memberatkan warga sebagi konsumen disaat dampak wabah Covid-19.

“Ini sangat memberatkan warga sebagai konsumen. Perhitungannya banyak yang tidak wajar, walau asumsinya memang pemakaian meningkat ketika masa PSBB ketika orang banyak berkumpul di rumah,” jelas Sulaeman.

Namun menurut Sulaeman asumsi yang digunakan PDAM terlalu berlebihan jika ternyata masyarakat harus membayar bisa mencapai 500% atau lima kali lipatnya bahkan lebih dari rata-rata pemakaian biasanya.

“Andaikan kenaikan 50% atau 100% harusnya sesuai dengan yang dikeluarkan biasanya. Tapi ini faktanya banyak yang naik 5 bahkan ada yang 10 kali lipat,” lanjut Sulaeman.

Sulaeman meminta pihak direksi untuk bijaksana kepada pelanggan khususnya di Citra Indah.

“Mungkin benar ada kenaikan, tapi tolong PDAM ada kebijaksanaan, terlebih di masa ekonomi seperti sekarang,” tegas Sulaeman yang juga sekretaris Fraksi PKS.

Di akhir, Sulaeman berharap harus ada langkah kongkrit pasca pertemuan tersebut.

“Harus ada langkah kongkrit, saya ingin setelah ini PDAM membuat pernyataan agar masyarakat merasa ada solusi,” tutup Sulaeman.

Sementara itu H. Moch. Hanafi yang juga anggota Komisi 2 DPRD Kabupaten Bogor asal Daerah Pemilihan 2 (Dapil 2) menyampaikan bahwa ia tidak ingin ada citra buruk kepada PDAM sebagai perusahaan daerah di mata masyarakat.

“Kami Komisi 2 sebagai mitra PDAM tidak ingin kedepan ada citra buruk kepada PDAM sebagai perusahaan daerah,” jelas Hanafi yang juga anggota Fraksi Partai Demokrat.

Ia menambahkan jangan sampai terjadi demonstrasi yang dilakukan oleh masyarakat.

“Saya harap jangan sampai terjadi demonstrasi oleh masyarakat, untuk itu harus ada kepastian solusi dari PDAM sebelum hari Jumat,” tegas anggota dewan yang biasa disapa Apih tersebut.

Di lain pihak, Direktur Umum PDAM Tirta Kahuripan Efie Pancawati menyampaikan pihaknya besok Rabu (5/8/2020) akan turun langsung ke Kecamatan Jonggol perumahan Citra Indah untuk meninjau dan mencari solusi masalah di bawah.

“Besok kami akan turun langsung ke sana, kami akan mengecek langsung bagaimana sebetulnya terjadinya kenaikan tarif ini. Biar kami cek langsung ke lapangan,” ujar Efie.

Ia juga berharap tidak terjadi kegiatan aksi demostrasi yang dilakukan oleh masyarakat. Ditambah menurut dia saat ini masih dalam kondisi PSBB transisi untuk menghindari terjadi kerumunan masyarakat dalam jumlah banyak dan tidak terkontrol.

“harapannya masyarakat bisa bersabar dan bisa mencari solusi bersama. Jangan sampai terjadi demonstrasi terlebih dahulu,” ujar Efie.

By Harry

2 thoughts on “Mendapati Keluhan Warga Citra Indah, Komisi 2 DPRD Panggil PDAM Tirta Kahuripan”
  1. Rumah kosong pun tagihan nya ada yg sejuta pak. Setan yg make air nya?

    Sabar……
    Sabar…….
    Lama lama gemes!

    #wargacitraindah

  2. 1) Perbaiki sistim Instalasinya, buat tambahan beberapa titik pompa Dorong agar suplay air stabil.
    2) Buat Solusi tambahan Sumber Air, Seperti
    Pengolahan Sumber air Tanah, Pengolahan sumber air Sungai yg ada diskitar, jdi tdk hanya mengandalkan sumber mata air sodong saja.
    3) Pelayanan Petugas lapangan dan staff Yg lbih kooperatif dan lebih profesional.
    4) Tolong di kaji ulang Tarif Dasar Air yg diberlakukan di Citra Indah Khususnya, biaya Kbutuhan Hidup ±25% hanya untuk bayar Air saja, Ingat Air Sumber Kehidupan Hajat Banyak, Jangan Sampai terlalu di komersilkan tuk meraup keuntungan besar secara materi di dunia, tapi memberatkan Biaya hidup hajat banyak, Pertanggung Jawabanya di akhirat nanti….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *