21 October 2021

Bogorupdate.id | Info Bogor Terkini

Peristiwa Blackout yang Pernah Melanda Jakarta dan Sekitarnya

Jakarta, BogorUpdate.id – Pemadaman listrik massal atau blackout melanda kawasan Jakarta dan sekitarnya pada Minggu (4/8/2019) lalu. Peristiwa ini menarik perhatian banyak pihak karena membawa dampak besar tidak hanya pada Indonesia, tetapi juga pada dunia.

Blackout ini bukan pertama kalinya terjadi di Jakarta. Sebelumnya, Jakarta dan sekitarnya juga pernah mengalami kejadian serupa beberapa tahun lalu.

Berikut tiga peristiwa blackout yang pernah melanda kota Jakarta dan sekitarnya:

1. Listrik Padam di Kawasan Jawa-Bali pada 1997 Pada 13 April 1997, terjadi pemadaman listrik yang nyaris serentak di Jawa dan Bali. Pemadaman terjadi sekitar pukul 10.15 WIB dan berlangsung selama tiga jam.

Setelah listrik menyala, pemadaman kembali terjadi selama kurang lebih tiga jam pada pukul 17.00 WIB.

Saat itu, pasokan listrik ke Jawa dan Bali terhambat karena adanya gangguan pada saluran tegangan ekstra tinggi di PLTU Suralaya.

Akibat dari peristiwa tersebut, lampu lalu lintas tidak berfungsi dan menimbulkan kemacetan panjang.

Aktivitas di pusat perbelanjaan juga terhenti karena tidak adanya listrik menyebabkan fasilitas-fasilitas tidak bisa beroperasi.

Dampak pemadaman tersebut paling dirasakan oleh pelaku kegiatan rumah tangga. Tidak berfungsinya alat-alat rumah tangga seperti mesin cuci dan setrika membuat pekerjaan mereka tidak dapat terselesaikan.

Tidak seperti hari ini, penggunaan listrik di tahun 1997 belum terlalu krusial bagi penggunaan gawai. Sehingga, imbas dari  blackout tidak sebesar sekarang.

2. Pemutusan Aliran Listrik di Jakarta dan Sekitarnya pada 2002

Presiden Joko Widodo sempat menyinggung peristiwa pemadaman listrik pada tahun 2002 saat blackout terjadi akhir pekan lalu.

Saat itu, pemadaman aliran listrik berlangsung selama dua hari sejak tanggal 12-13 September 2002.

Putusnya aliran listrik terjadi akibat hubungan pendek di Gardu Induk Tegangan Ekstra (GITET) Cibinong sehingga transmisi ke arah Bekasi, Cawang, dan Gandul rusak.

Layanan publik seperti Kereta Rel Listrik (KRL) arah Tangerang, Bogor, dan Bekasi terganggu akibat pemadaman ini.

Selain layanan publik, PLN juga mencabut power supply yang digunakan Base Transceiver Station (BTS) dan Base Station Control (BSC) Jabodetabek, sehingga menimbulkan hambatan dalam layanan seluler.

Penggunaan lilin selama blackoutyang terjadi di tahun 2002 memicu kebakaran di 13 lokasi di kawasan Jakarta dan sekitarnya. Pada proses pemadaman, dua orang meninggal dunia.

3. Listrik Padam di Jakarta, Banten, dan Jawa Barat

Pemadaman di wilayah Jakarta, Banten, dan Jawa Barat yang terjadi pada akhir pekan lalu berlangsung selama kurang lebih 8-18 jam. Padamnya listrik disebabkan oleh gangguan pada transmisi SUTET 500kV PLN di Jawa Barat.

Kerugian dari pemadaman ini diperkirakan mencapai triliunan rupiah. Aktivitas industri seperti konveksi, transportasi online, dan SPBU terkena imbas besar dari peristiwa ini. Selain itu, pelayanan publik seperti MRT, commuter line, ATM, dan pintu tol juga turut dirugikan.

Hingga Senin (5/8/2019) sejumlah lokasi di kawasan Jakarta dan sekitarnya kembali mengalami pemadaman listrik. Selama peristiwa ini berlangsung, pihak PLN tidak memberi kejelasan mengenai kapan listrik akan kembali menyala.

Pemadaman listrik total di kawasan Jakarta dan sekitarnya ini turut disorot oleh media-media internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *