1 December 2021

Bogorupdate.id | Info Bogor Terkini

Tasyakuran H Irvan, Antara Rasa Syukur dan Pertanggungjawaban Publik

BOGORUPDATE.ID – Sudah menjadi tradisi dalam mayoritas masyarakat Islam Indonesia ketika mendapatkan sebuah nikmat lalu mengadakan acara tasyakuran atau selametan. Misalkan orang yang akan melaksanakan ibadah haji, melakukan acara selamatan haji. Orang yang hamil, mengadakan acara selamatan kehamilan, ada juga acara selamatan Aqiqoh bagi anak yang baru dilahirkan. Dan masih banyak acara-acara selamatan yang lain.

Tidak hanya selamatan yang menjadi tradisi mayoritas masyarakat Islam Indonesia, tasyakuran juga menjadi acara rutin ketika seseorang memperoleh sebuah hajat ataupun kegembiraan. Tasyakuran dilakukan misalnya karena telah lulus ujian, baru selesai membangun rumah, membeli mobil baru, mendapatkan amanah jabatan dan lain sebagainya.

Seperti yang dilakukan oleh TPPC PKS Bojonggede pada acara tasyakuran atas pelantikan H.Irvan Baihaqi Tabrani sebagai wakil rakyat diselenggarakan pada Sabtu, 31 Agustus 2019. Ketua panitia tasyakuran, Muhammad Ikhsan menjelaskan makna tasyakuran dan selametan. Ikhsan mengatakan dari penyelenggaraan tasyakuran kita ingin mendapatkan keselamatan dan keberkahan dari Alloh SWT karena ada nikmat yang diperoleh.

Ikhsan melanjutkan, selain mensyukuri nikmat dari Alloh, acara tasyakuran ini sekaligus bentuk pertanggungjawaban publik kepada konstituen PKS dan masyarakat yang telah memilih H.Irvan. kata Ikhsan. “Kita melihat realita yang terjadi dimasyarakat kita, orang yang malakukan selamatan haji misalnya, tentunya bertujuan agar perjalanan hajinya bisa selamat sampai tujuan dan kembali ke tanah air dalam keadaan selamat pula.

Orang tua yang anaknya wisuda sering kali mengadakan acara tasyakuran wisuda, tentunya hal itu dilatarbelakangi adanya nikmat yang diberikan oleh Allah SWT berupa kelulusan. Kesimpulan dari acara yang kami lakukan hari ini adalah tidak lain sebagai ungkapan rasa syukur kepada Alloh dan pertanggungjawaban kepada pemilih PKS.

Acara hari ini dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat, alim ulama, pejabat pemerintahan desa dan pengurus serta kader PKS se Bojonggede. Tokoh masyarakat yang terlihat hadir adalah KH.Fachrudin Susukan, H. Eko Supriyadi Kades Ragajaya, H. Jimroh dan H.Dwi Bojonggede, Bapak Rian Kedung Waringin, Bapak Rahana Warsito Ragajaya.

Sedangkan dari pejabat PKS yang terlihat hadir diantaranya KH. Hadi Santoso, Lc ketua Dewan Syariah Daerah PKS Kab Bogor, H. Sadari anggota DPRD Kab. Bogor 2014-2019 dan pengurus ranting serta kader dan simpatisan PKS SeKecamatan Bojonggede. (MS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *