17 January 2022

Bogorupdate.id | Info Bogor Terkini

Tinjau Banjir di Bojongkulur, Achmad Fathoni Minta BBWS PUPR Pusat Segera Realisasikan Normalisasi Sungai

BOGORUPDATE.ID — Hujan yang turun terus menerus membuat sejumlah wilayah di Bogor Timur kembali harus mengalami luapan sungai Cileungsi. Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunungputri menjadi titik terparah imbas sungai yang sudah seharusnya dinormalisasi itu.

Melihat kondisi itu, Anggota DPRD dari Daerah Pemilihan II meminta agar Balai Besar Wilayah Sungai Pusat (BBWS Pusat) Kementerian PUPR segera merealisasikan normalisasi sungai Cileungsi tersebut. Banjir tidak hanya terjadi di Bojongkulur tetapi juga menimpa wilayah Jatiasih, Kota Bekasi semakin sering terjadi.

“Banjir besar di tahun 2020 sudah terjadi 2 kali yaitu Januari dan Oktober 2020. Dan hari ini terulang kembali, maka saya minta Pemerintah Pusat dan Provinsi segera turun tangan,” ucap Achmad Fathoni.

Anggota Komisi III dari Fraksi PKS ini menyampaikan bahwa urusan Sungai Cileungsi ada di bawah kewenangan pusat yaitu BBWS Ciliwung-Cisadane. Sehingga Pemkab Bogor tidak bisa menganggarkan perbaikan dan pembangunan apapun di sana.

“Itu kewenangan pusat di bawah BBWS Kementerian PUPR. Karena bukan hanya wilayah Kabupaten Bogor yang terkena, di samping anggarannya yang sangat besar,” tambahnya.

Menurutnya, akibat dari banjir yang cukup rutin ini sangat berdampak bagi warga yang terkena maupun pihak lain yang punya kepentingan melintasi wilayah tersebut.

“Curah hujan yang masih tinggi, ini bisa terjadi (banjir) lagi. Saya berharap rencana yang sudah dibuat PUPR untuk membangun waduk dan terutama normalisasi Sungai Cileungsi bisa segera dilaksanakan. Termasuk di dalamnya melakukan pengerukan endapan sungai yang sangat tebal,” jelasnya.

Oleh karena itu pihaknya memohon juga kepada Pemprov Jabar untuk ikut serta membantu mendorongnya dan support penanganannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *