Juni 25, 2024

Bangun Gazebo di Rumah? Ini 5 Hal yang Wajib Dipertimbangkan

Bangun Gazebo di Rumah – Jika memiliki halaman, Gazebo adalah tambahan fasilitas yang bagus untuk melengkapi rumah anda.

Selain bersantai bersama keluarga, anda bisa memanfaatkan gazebo untuk yoga, bekerja atau kegiatan lainnya. Namun memasang gazebo di halaman tidak semufah mendirikan tenda. Ternyata, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum menambahkan struktur sekunder tersebut.

Berikut 5 hal penting yang perlu di pertimbangkan secara matang sebelum menghadirkan gazebo di halaman rumah.

1. Ukuran

Meskipun gazebo bisa di buat dalam berbagai bentuk dan ukuran, salah satu hal pertama yang perlu anda pertimbangkan adalah ukuran halaman.

Ini akan membantu anda menentukan ukuran gazebo yang akan di buat. Ukuran gazebo yang tepat juga tidak akan membuat halaman terlihat terlalu sempit dan anda masih bisa memanfaatkan halaman untuk hal yang lain.

2. Jenis Atap

Hal berikutnya yang perlu di pikirkan adalah jenis atap yang di inginkan. Secara umum, gazebo memiliki tiga tipe utama yakni gazebo hard top, soft top dan pop up.

Masing – masing memiliki kekuatan berbeda yang lebih sesuai dengan lokasi dan ruang yang tersedia di halaman rumah. Gazebo hard top, misalnya, memiliki atap yang terbuat dari bahan padat seperti kayu, baja, polikarbonat, atau aluminium.

Jika anda tinggal di tempat yang sering di landa badai atau kondisi cuaca buruk lainnya maka ini cocok. Sebaliknya, gazebo dengan soft top hanya bersifat sementara. Sesuai dengan namanya, biasanya atap terbuat dari bahan yang lebih lembut, seperti atap kain, plastik, dan jaring.

Sementara itu, gazebo pop up agak mirip dengan soft top. Namun terbuat dari bahan yang lebih rungan, sehingga anda dapat memasangnya dengan cepat dan tanpa banyak usaha.

Baca Juga Artikel Lain diĀ bogorupdate.id

3. Bentuk

Umumnya gazebo di desain dengan berbagai bentuk seperti persegi, oval, heksagonal, segi delapan, dan persegi panjang. Bentuk gazebo yang akn di pilih juga sangat bergantung pada penempatannya di halaman rumah.

Jika ingin meletakkannya di sudut, maka gazebo dengan sisi – sisi seperti persegi, heksagonal, persegi panjang merupakan pilihan ideal.

Namun jika anda ingin meletakannya di tengah taman, bentuk bulat dan bentuk gazebo dengan sisi lebih kecil sangat di rekomendasikan.

4. Listrik dan air

Tergantung bagaimana anda akan menggunakan gazebo, anda juga perlu memikirkan bagaimana anda akan menambahkan sambungan listrik dan air ke sana.

Jika anda sering mengundang teman atau kerabat dan ingin menggunakan gazebo sebagai tempat berkumpul, anda mungkin perlu menambahkan lampu dan stopkontak.

Jika anda ingin menambahkan air mengalir ke dalamnya agar lebih berfungsi, anda juga perlu menambahkan sambungan air.

5. Proses pembuatan

Tergantung pada desain gazebo pilihan anda, anda juga perlu memikirkan bagaimana proses instalasi atau pembuatannya. Jika anda menginginkan gazebo hard top, pemasangannya akan sedikit lebih rumit. Oleh karena itu, di perlukan bantuan profesional.

Namun, jika anda menginginkan gazebo dengan atap soft top atau atap pop up, pemasangannya lebih mudah bahkan bisa di lakukan sendiri tanpa bantuan profesional.

Share: Facebook Twitter Linkedin
Tinggalkan Balasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *