Juli 24, 2024

Survei Indikator Politik – Elektabilitas PDI-P Tertinggi

Survei Indikator Politik – Hasil survei indikator politik Indonesia menunjukkan, elektabilitas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) paling tinggi dari simulasi 18 lambang dan nama partai yang di teliti.

Hal ini terungkap dalam temuan survei tatap muka nasional yang di lakukan pada 27 Oktober sampai dengan 1 November 2023 perihal pemilihan anggota DPR jika di lakukan hari ini.

“PDI-P paling banyak di pilih 24,1 persen,” ungkap Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, dalam rilis survei nya.

Di bawah PDI-P, ada Partai Gerindra dengan elektabilitas sebesar 14, 4 persen. Kemudian, Partai Golkar dengan angka 9,3 persen.

Selanjutnya, ada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Nasdem yang bersaing ketat. PKB dengan 7,7 persen. Sementara Nasdem dengan 7.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memperoleh eletabilitas 6,2 persen. Di bawahnya ada Partai Demokrat 5,2 persen. Lalu ada Partai Amanat Nasional (PAN) dengan 4,3 persen dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan angka 3 persen.

Di bawahnya, ada partai non-parlemen yakni Partai Persatuan Indonesia (Perindo) di posisi ke-10 dengan angka 1,5 persen.

Baca Juga Artikel Lain Hanya diĀ bogorupdate.id

Ada delapan Partai politik yang berada dalam 1 persen, Mereka adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan 0,9 persen.

Kemudian, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dengan angka 0,6 persen dan Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) dengan angka 0,2 persen. Lalu, Partai Butuh dengan angka 0,2 persen dan Partai Ummat dengan 0 persen.

Burhanuddin menuturkan, belum ada perubahan signifikan terkait elektabilitas parpol di banding survei yang di gelar pada pertengahan oktober lalu.

“Kecuali Partai Demokrat yang agak meningkat dari sebelumnya. Nasdem juga cenderung meningkat, terutama setelah Partai Demokrat keluar dari Kaolisi Perubahan,” jelas Baurhanuddin di kutip dari siaran YouTube Indikator Politik Indonesia.

Dalam survei 16-20 Oktober lalu, elektabilitas Partai Demokrat 4,4 persen dan Partai Nasdem sebesar 6,8 persen. Lebih lanjut Burhanuddin menuturkan, partai di bawah 4 persen dalam survei ini, belum tentu tak lolos parlemen. Mengingat adanya margin off error dan adanya undecided voters sebanyak 14,9 persen.

Adapun survei ini dilaksanakan secara tatap muka dengan jumlah sampel sebanyak 1.220 responden di 38 provinsi. Margin of error kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 

Share: Facebook Twitter Linkedin
Tinggalkan Balasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *