Juni 15, 2024

Tips Bikin Rumah Kamu Anti Maling

Rumah semestinya menjadi tempat yang nyaman dan aman bagi penghuninya. Namun, kalau tidak beruntung ada kemungkinan maling berusaha masuk rumah, salah satunya melalui pintu depan.

Selain merancang estetika tampak depan rumah, penting juga memastikan tingkat keamanan pintu. Jangan sampai ada celah untuk penjahat mendobrak masuk melalui pintu depan rumah.

Tenang saja, ada beberapa cara untuk meningkatkan keamanan pintu rumah. Kamu bisa menerapkan langkah-langkah ini yang di lansir dari bob vila.

Baca juga: Perbedaan Rumah Komersil dan Rumah Subsidi

Tips Jaga Keamanan Pintu Depan Rumah

1. Kunci Pintu

Pastinya jangan lupa mengunci pintu rumah, meski hanya keluar sebentar atau dekat rumah. Kalau kamu punya kebiasaan lupa mengunci pintu, coba beralih menggunakan smart lock yang tidak membutuhkan kunci.

Lalu, bagi kamu yang baru pindah ke rumah second, sebaiknya ganti kunci pintu soalnya bisa saja penghuni lama pernah memberikan kunci ke teman atau saudaranya.

2. Pastikan Pintu Kokoh

Pastikan pintu rumah kokoh agar tidak mudah di dobrak paksa. Kalau pintu sudah usang, rusak, atau berumur, sebaiknya segera di perbaiki atau di ganti. Gunakan pintu solid yang terbuat dari kayu atau baja yang kokoh.

Selain itu, pastikan ada strike plate atau pelat logam yang melindungi bagian kusen pintu untuk mengaitkan kunci. Hal ini akan membantu menjaga stabilitas pintu yang terkunci.

3. Kunci Tambahan

Tingkatkan keamanan pintu dengan menambahkan grendel pintu. Jadi kalau orang lain mempunyai kunci cadangan atau berhasil membobol kunci, alat ini bisa bantu menghalau mereka masuk ke dalam rumah.

Kamu juga dapat menggunakan grendel berupa rantai yang memungkinkan kamu membuka sedikit celah pintu tanpa khawatir di serobot masuk.

4. Lubang Pengintip

Pastikan kamu mengetahui siapa dan bagaimana keadaan di luar pintu sebelum membukanya. Kamu bisa memasang lubang pengintip dengan pandangan yang luas.

Bahkan, sekarang ada alat lebih canggih dengan memasang kamera yang juga memungkinkan komunikasi dua arah.

5. Kaca Sekitar Pintu

Hati-hati kalau area pintu kamu memiliki kaca karena penjahat bisa saja memecahkannya untuk membuka kunci dari dalam. Lebih baik, mengganti pintu dengan bahan yang solid serta menghindari akses knci yang mudah melalui kaca atau jendela.

Demikian cara meningkatkan keamanan pintu depan rumah. Semoga bermanfaat!

Share: Facebook Twitter Linkedin
Tinggalkan Balasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *