Juni 15, 2024

Merancang Kamar Mandi di Rumah, Hindari Kesalahan Ini

Merancang Kamar Mandi – Mencapai keseimbangan antara fungsionalitas dan estetika dalam merancang kamar mandi bisa menjadi tantangan besar. Semua orang ingin kamar mandi di rumahnya terlihat indah, namun sebagai salah satu ruangan terkecil dan paling sering di gunakan di rumah, kepraktisan juga hal yang sangat penting.

Jadi tidak mengherankan jika kesalahan desain kamar mandi cukup sering terjadi. Kesalahan-kesalahan ini tidak hanya membuat ruangan anda kurang berfungsi, namun juga dapat menghabiskan banyak uang dalam jangka panjang. Seperti dikutip dari laman The Spruce, berikut lima kesalahan dalam penataan kamar mandi yang harus di hindari.

Baca juga: Tanda Penyedot Debu di Rumah Anda Perlu Diganti

1. Kurangnya area penyimpanan

Kesalahan pertama dalam menata interior kamar mandi di rumah adalah tidak tersedianya ruang penyimpanan yang cukup. Saat ini dengan begitu banyaknya produk kecantikan kulit dan rambut yang di gunakan, maka pemilik rumah perlu ruang penyimpanan kamar mandi yang signifikan, baik untuk produk yang di gunakan saat ini maupun untuk stok.

Ada banyak cara berbeda untuk memasukkan ruang penyimpanan ke kamar mandi. Misalnya gunakan kabinet di atas wastafel untuk menyimpan barang-barang yang anda gunakan sehari-hari seperti produk perawatan kulit, sikat gigi, dan banyak lagi. Sementara kabinet di bawah wastafel bisa di manfaatkan untuk penyimpanan stok kebutuhan kamar mandi, barang elektronik hingga handuk.

2. Mengikuti tren tertentu

Meskipun anda mungkin tergoda untuk mengikuti tren terbaru yang mencolok, sebaiknya hindari jika ini menyangkut kamar mandi. Renovasi kamar mandi membutuhkan biaya yang besar. Jadi, sebaiknya investasikan dana untuk hal-hal mendasar seperti ubin, pancuran atau bak mandi, dan meja rias.

3. Kurangnya pencahayaan

Kurangnya pencahayaan yang tepat adalah kesalahan berikutnya yang paling umum saat desain kamar mandi. Banyak orang mengabaikan pentingnya pencahayaan yang tepat, yang dapat sangat memengaruhi fungsionalitas dan suasana ruangan.

Kurangnya pencahayaan tidak hanya membuat tugas seperti mencukur atau merias wajah menjadi lebih sulit, namun juga dapat membuat ruangan terasa suram dan lebih kecil.

4. Menggunakan material dengan perawatan tinggi

Penggunaan material dengan tampilan mewah seperti batu alam sedang populer dalam desain kamar mandi saat ini. Namun demikian, proses perawatan yang sulit dan biaya perawatan tinggi dari bahan ini kadang tidak di pertimbangkan oleh pemilik rumah.

Akibatnya material tersebut tidak di rawat dengan tepat kemudian lebih cepat rusak dan membuat ruangan tampak kusam. Karena itu, sangat penting melakukan riset sebelum memilih material yang hendak anda gunakan untuk kamar mandi.

5. Kurangnya ventilasi

Kamar mandi rentan terhadap penumpukan kelembaban, dan tanpa ventilasi yang memadai, hal ini dapat menyebabkan masalah jamur dan lumut. Kurangnya ventilasi yang memadai mungkin di sebabkan oleh pengerjaan dengan tenaga profesional yang tiadk berkualifikasi.

Karena itu, pastikan kamar mandi di rumah anda memiliki ventilasi yang cukup untuk sirkulasi udara yang lancar.

Share: Facebook Twitter Linkedin
Tinggalkan Balasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *