Juni 15, 2024

Sepatu Formal Laki-laki, Tak Cuma Oxford Berikut 8 Pilihan lainnya

Sepatu formal laki-laki – Ada berbagai jenis sepatu laki-laki yang dapat di sesuaikan dengan kegiatan masing-masing, termasuk untuk acara formal. Menyesuaikan pilihan sepatu dengan acara maupun outfit yang tepat bisa meningkatkan penampilan kamu.

Sejumlah acara formal atau resmi yang di maksud seperti pergi ke kantor, wawancara kerja, bertemu dengan klien, makan malam, lamaran, pernikahan, maupun acara resmi lainnya. Lantas, apa saja pilihan sepatu formal untuk laki-laki?

Berikut pilihannya seperti di himpun dari Real Man Real Style dan Men’s Journal.

Sepatu Formal Laki-laki

1. Sepatu Oxford

Sepatu oxford atau oxford shoes adalah pilihan sepatu formal paling klasik, yang paling umum di miliki para laki-laki. Desainnya timeless, serta memiliki kesan simpel dan elegan.

“Sama seperti setiap laki-laki membutuhkan setelan jas di lemarinya, dia juga membutuhkan sepatu oxford yang kokoh untuk melengkapinya,” kata Fashion Stylist yang berbasis di New York, Seppe Tirabassi dalam Men’s Journal.

Seppe juga menyarankan untuk berinvestasi pada sepatu oxford berkualitas yang nyaman, karena bisa meningkatkan penampilan kamu. Ciri khas sepatu oxford adalah tali tertutup (closed laced) yang memberikan kesan ramping dan siluet halus pada sepatu tersebut.

2. Sepatu Wholecuts

Sepatu wholecuts memiliki desain yang menyerupai dengan depatu oxford dengan ciri khas tali tertutup. Namun, sepatu wholecuts mengacu pada sepatu formal yang terbuat dari sepotong kulit, sehingga tidak memiliki pola jahitan di atasnya.

Teknik ini memberikan tampilan yang sangat rapi pada sepatu wholecuts. Tak heran jika sepatu jenis ini sangat cocok di pakai pada acara formal.

3. Sepatu Derby

Jika sebelumnya sepatu oxford dan wholecuts punya ciri khas tali tertutup, maka sepatu derby atau derby shoes punya ikatan tali sepatu terbuka atau open laced. Kamu bisa menjumpai sedikit celah antara kedua penutup tali sepatu.

Desain tersebut menjadikan sepatu derby tampil lebih kasual di bandingkan sepatu oxford dan wholecuts. Hal tersebut membuat sepatu derby bisa di gunakan untuk acara formal, semi formal. maupun kasual.

4. Sepatu Loafers

Sepatu penny loafers bisa menajdi alternatif sepatu resmi buat laki-laki yang enggan mengikat tali sepatu. Sepatu loafers adalah jenis sepatu slip on tanpa tali atau pengikat apapun.

Pada umumnya, sepatu loafers punya hak rendah, sol terpisah, dan vamp (bagian atas sepatu yang menutupi jari dan punggung kaki) berkonstruksi. Menariknya, jenis sepatu ini bisa di pakai untuk acara formal, semi formal, maupun kasual.

“Ini sepatu yang wajib di miliki oleh laki-laki, karena dapat berfungsi ganda sebagai sepatu resmi dan kasul,” kata Tirabassi dalam Men’s Journal.

Baca juga: Rekomendasi Hoodie Perempuan yang Stylish, Mulai dari Rp 70.000

5. Sepatu Brogue

Sepatu brogue berasal dari Skotlandia dan Irlandia yang mulanya di rancang dari kulit tanpa di samak dan di beri lubang-lubang kecil, yang memungkinkan air turun ke permukaan tanah ketika pemakainya berjalan di medan basah.

Seiring berjalannya waktu, desain sepatu brogue semakin berkembang. Perforasi atau lubang-lubang kecil tersebut kini menjadi dekorasi alias hiasan yang menandakan ciri khas model sepatu brogue.

Nama brogue sendiri mengacu pada hiasan lubang-lubang kecil di permukaan sepatu. Sementara, jenis sepatu brogue bisa berupa sepatu oxford, derby atau boots. Sepatu juga di kategorikan berdasarkan pola hiasan lubang kecil yang di tampilkan, yakni full brogue atau wingtip, half brogue, serta quarter brogue.

6. Sepatu Monk Strap

Buat kamu yang ingin tampil stylish pada acara formal, maka sepatu monk strap bisa menjadi alternatif. Sepatu jenis punya sentuhan modern dengan menggantikan tali sepatu dengan tali pengikat atau strip.

Ada dua tipe sepatu monk strap, yakni di lengkapi dengan satu strap dan dua strap, di mana sepatu yang pertama lebih memberikan kesan formal. Sepatu monk strap bisa di gunakan untuk acara kasual dan formal.

7. Sepatu Moccasins

Sepatu moccasins punya desain yang menyerupai loafers namun tanpa hak. Sepatu model slip on ini, cocok buat kamu yang enggan mengikat tali sepatu.

Tak hanya acara formal, sepatu moccasins juga cocok di pakai pada acara kasual. Sepatu yang memberikan penampilan stylish ini, cocok di padukan dengan celana chino, jeans, maupun celana pendek berbahan katun.

8. Chelsea Boots

Jika ingin menggunakan sepatu boots pada acara formal, atau sepatu yang mencapai mata kaki, maka chelsea boots bisa menjadi alternatif. Ciri khas chelsea boots adalah bagian samping yang elastis serta tampa tali, sehingga lebih fleksibel saat di pakai.

Sepatu chelsea boots mulanya di pakai oleh para bangsawan sejak era Victoria, termasuk Ratu Victoria sendiri, kemudian berkembang pesat pada era 60an dan 70an. Sepatu ini cocok untuk di padukan dengan pakaian kasual maupun formal untuk memberikan tampilan vintage yang keren.

“Bagian samping chelsea boots elastis, bukan tali, jadi mudah di kenakan dan sangat nyaman,” ujar Tirabassi dalam Men’s Journal.

Share: Facebook Twitter Linkedin
Tinggalkan Balasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *