Juli 6, 2024

Staff Hasto PDI-P
Juni 14, 2024 admin

Staff Hasto PDI-P Laporkan Penyidik KPK ke Bareskim

Staff Hasto PDI-P – Staf Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-Perjuangan Hasto Kristiyanto, Kusnadi bersama tim hukumnya menyambangi Gedung Bareskrim, Mabes Polri, Jakarta.

Kedatangan Kusnadi ke Bareskrim awalnya untuk membuat laporan terhadap penyidik KPK Rossa Purbo Bekti yang menggeledah dan melakukan penyitaan terhadapnya saat hasto di periksa. Kusnadi merasa Rossa telah bersikap sewenang-wenang dan merugikan dirinya saat peristiwa penyitaan dan penggeledahan.

“Karena yang pertama saya di rugikan sama Pak Rossa bilangnya saya di panggil bapak (hasto), ternyata tidak,” ungkap Kusnadi di Lobi Bareskrim Mabes Polri, Jakarta. “Kedua, barang sitaan yang di bawa sama Pak Rossa ternyata Pak Hasto sama sekali tidak mengetahui, itu yang bikin saya melaporkan ke sini,” sambungnya.

Akan tetapi, laporan Kusnadi soal dugaan terjadinya perampasan kemerdekaan serta perampasan barang milik pribadi tersebut di tolak pihak Bareskrim. Setelah pihak Kusnadi berkonsultasi dengan penyidik di Bareskrim, mereka justru di sarankan membuat gugatan praperadilan di pengadilan.

Kuasa hukum Kusnadi, Petrus Selestinus menjelaskan pihaknya sempat berkonsultasi dengan penyidik di Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri sebelum membuat laporan. “Di sarankan oleh kanit tadi di tempuh praperadilan terlebih dahulu untuk menguji kebenaran apakah betul atau apakah benar dan terbukti bahwa proses penggeledahan penyitaan, pemeriksaan badan dan interogasi yang di lakukan oleh penyidik Rossa Purbo Bekti dan kawan-kawan di KPK itu menyalahi prosedur atau tidak,” kata dia.

Baca juga: Pemilihan Presiden Melalui MPR, Apakah Bisa Atasi Politik Uang?

Petrus menambahkan, setelah ada putusan pengadilan yang sah, barulah kasusnya bisa di proses ke Bareskrim. “Daripada kami lapor sekarang, kemudian ada praperadilan. Mereka akan menunggu praperadilan, lebih baik kami tempuh praperadilan yang prosesnya hanya satu minggu, setelah itu baru kami ke sini,” ujar dia.

Pterus pun mengatakan akan segera mengahukan gugatan praperadilan terkait kasus kliennya. “Sekarang tanggal berapa? 13 ya setelah Lebarah haji.” ungkap dia.

Kronologi penyitaan

Sebelumnya Kusnadi mengungkapkan, saat sedang mendampingi Hasto di periksa di KPK pada 10 Juni 2024, dirinya tengah merokok bersama sejumlah awak media dan tim hukum Hasto.

Tiba-tiba, Rossa datang dan memanggilnya dengan alasan di panggil Hasto. Ia kemudian mengikuti Rossa menuju lantai dua Gedung KPK. Namun, bukan Hasto yang di temui, ia justru di periksa Rossa dan di minta menyerahkan handphone serta sejumlah barang lain.

“Begitu di atas, saya ngasih HP, bukan tapi malah di geledah. Padahal, sayan enggak ada kaitannya dengan saksi. Dia bilang katanya Bapak minta hape, ya saya kasih HP. Tapi enggak sesuai yang di omongin sama Pak Rossa itu. Jadi yang di atas saya itu di geledah dan barangnya di sita,” ucap Kusnadi.

“Di intimidasi, di bentak-bentak. Bnayak pokoknya saya di bentak-bentak. Saya merasa di bohongin juga,” sambungnya. Tak kurang dari tida jam ia di periksa penyidik. Selama pemeriksaan itu, ia sempat di bentak oleh penyidik KPK.

“Di bentaknya? ‘Sudah, kamu diam saja!’ Begitu. Namun saya kan orang biasa, saya takut,” tutur Kusnadi. Dalam penyitaan itu, buku catatan milik PDI-P juga turut di sita oleh penyidik.

Share: Facebook Twitter Linkedin
Investasi SBR013
Juni 12, 2024 admin

Investasi SBR013 Modal Rp 1 Juta, Berapa Keuntungan yang Didapat?

Investasi SBR013 – Pemerintah melalui Kementrian Keuangan (Kemenkeu) telah resmi menawarkan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel jenis Savings Bonds Ritel (SBR) seri SBR013. Kali ini, pemerintah menerbitkan dua jenis SBR, yakni SBR013T2 untuk tenor atau jangka waktu investasi 2 tahun dan SBR013T4 untuk tenor 4 tahun.

Masyarakat sudah bisa membeli kedua jenis SBR013 melalui 26 mitra distribusi yang telah di tetapkan hingga 4 juli mendatang. Sebenarnya, berapa keuntungan yang bakal di terima investor jika membeli investasi SBR013?

Sebelum mencari tahu besaran potensi keuntungan di terima, perlu di ketahui terlebih dahulu, SBR merupakan surat utang negara yang tidak bisa di perdagangkan dan tidak bisa di cairkan sampai dengan jatuh tempo layaknya deposito, namun bisa di cairkan sebagian pada masa pelunasan sebelum jatuh tempo atau early redemption.

Dengan demikian, keuntungan yang bisa di terima investor ialah keuntungan yang berasal dari imbal hasil dari kupon atau bunga SBR. Adapun SBR merupakan surat utang negara yang menawarkan kupon bersifat floating with floor, atau bisa naik tetapi tidak bisa turun dari batas minimal yang di tentunkan.

Baca juga: Investasi Untuk Generasi Muda yang Bisa di Pilih

Besaran batas minimal kupon SBR biasanya di tentukan dengan menjumlahkan tingkat suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) dengan spread yang telah di tetapkan. Sementara itu, kupon atau imbal hasil minimal SBR013 di bagi menjadi dua, yakni sebesar 6,45 persen utnuk seri SBR013T2 dan sebesar 6,6 persen untuk seri SBR013T4.

SBR013 pun dapat di miliki oleh masyarakat dengan nilai pembelian minimal Rp 1 juta, serta nilai pembelian maksimal Rp 5 miliar untuk SBR013T2 dan Rp 10 miliar untuk SBR013T4.

Keuntungan dari kupon SBR013 akan di bayarkan oleh pemerintah setiap tanggal 10 setiap bulannya, dan jika tanggal pembayaran kupon bukan pada hari kerja, maka pembayaran di lakukan pada hari kerja berikutnya.

Simulasi perhitungan keuntungan SBR013

Dengan menggunakan tingkat kupon minimal yang di tetapkan, maka dapat di ketahui potensi keuntungan di terima investor jika berinvestasi mulai dari Rp 1 juta, Rp 10 juta, Rp 100 juta, Rp 500 juta, hingga Rp 1 miliar.

Misal saja untuk investasi sebesar Rp 1 juta, berdasarkan simulasi, potensi keuntungan yang di terima oleh investor yang memiliki SBR013T2 ialah sebesar Rp 4.848 setiap bulannya. Angka itu di dapat dengan menghitung tingkat kupon sebesar 6,45 persen, di kalikan Rp 1 juta, di kalikan 1/12 (1 bulan dari 12 bulan), setelah itu hasilnya di kurangi pajak sebesar 10 persen.

Sementara jika berinvestasi Rp 1 juta di SBR013T4, potensi keuntungan yang di terima ialah sebesar Rp 4.950 setiap bulannya. Ankgat itu di dapat dengan menghitung tingkat kupon sebesar 6,6 persen, di kalikan Rp 1 juta, di kalikan 1/12 (1 bulan dari 12 bulan ). Setelah itu hasilnya di kurangi pajak sebesar 10 persen.

Berikut rincian keuntungan kupon yang di terima investor untuk investasi SBR013 untuk pembelian Rp 1 juta, Rp 10 juta, Rp 100 juta, Rp 500 juta, hingga Rp 1 miliar:

SBR013T2

1. Rp 1 juta = Rp 4.838 per bulan

2. Rp 10 juta = Rp 48.375 per bulan

3. Rp 100 juta = Rp 483.750 per bulan

4. Rp 500 juta = Rp 2.418.750 per bulan

5. Rp 1 miliar = Rp 4.837.500 per bulan

SBR013T4

1. Rp 1 juta = Rp 4.950 per bulan

2. Rp 10 juta = Rp 49.500 per bulan

3. Rp 100 juta = Rp 495.000 per bulan

4. Rp 500 juta = Rp 2.475.000 per bulan

5. Rp 1 miliar = Rp 4.950.000 per bulan

Namun demikian, potensi keuntungan itu bisa saja berubah, jika BI menaikan tingkat suku bunga acuannya. Sehingga terjadi penyesuaian tingkat kupon per bulan untuk masing-masing seri SBR013.

Share: Facebook Twitter Linkedin
Merancang Kamar Mandi
Juni 12, 2024 admin

Merancang Kamar Mandi di Rumah, Hindari Kesalahan Ini

Merancang Kamar Mandi – Mencapai keseimbangan antara fungsionalitas dan estetika dalam merancang kamar mandi bisa menjadi tantangan besar. Semua orang ingin kamar mandi di rumahnya terlihat indah, namun sebagai salah satu ruangan terkecil dan paling sering di gunakan di rumah, kepraktisan juga hal yang sangat penting.

Jadi tidak mengherankan jika kesalahan desain kamar mandi cukup sering terjadi. Kesalahan-kesalahan ini tidak hanya membuat ruangan anda kurang berfungsi, namun juga dapat menghabiskan banyak uang dalam jangka panjang. Seperti dikutip dari laman The Spruce, berikut lima kesalahan dalam penataan kamar mandi yang harus di hindari.

Baca juga: Tanda Penyedot Debu di Rumah Anda Perlu Diganti

1. Kurangnya area penyimpanan

Kesalahan pertama dalam menata interior kamar mandi di rumah adalah tidak tersedianya ruang penyimpanan yang cukup. Saat ini dengan begitu banyaknya produk kecantikan kulit dan rambut yang di gunakan, maka pemilik rumah perlu ruang penyimpanan kamar mandi yang signifikan, baik untuk produk yang di gunakan saat ini maupun untuk stok.

Ada banyak cara berbeda untuk memasukkan ruang penyimpanan ke kamar mandi. Misalnya gunakan kabinet di atas wastafel untuk menyimpan barang-barang yang anda gunakan sehari-hari seperti produk perawatan kulit, sikat gigi, dan banyak lagi. Sementara kabinet di bawah wastafel bisa di manfaatkan untuk penyimpanan stok kebutuhan kamar mandi, barang elektronik hingga handuk.

2. Mengikuti tren tertentu

Meskipun anda mungkin tergoda untuk mengikuti tren terbaru yang mencolok, sebaiknya hindari jika ini menyangkut kamar mandi. Renovasi kamar mandi membutuhkan biaya yang besar. Jadi, sebaiknya investasikan dana untuk hal-hal mendasar seperti ubin, pancuran atau bak mandi, dan meja rias.

3. Kurangnya pencahayaan

Kurangnya pencahayaan yang tepat adalah kesalahan berikutnya yang paling umum saat desain kamar mandi. Banyak orang mengabaikan pentingnya pencahayaan yang tepat, yang dapat sangat memengaruhi fungsionalitas dan suasana ruangan.

Kurangnya pencahayaan tidak hanya membuat tugas seperti mencukur atau merias wajah menjadi lebih sulit, namun juga dapat membuat ruangan terasa suram dan lebih kecil.

4. Menggunakan material dengan perawatan tinggi

Penggunaan material dengan tampilan mewah seperti batu alam sedang populer dalam desain kamar mandi saat ini. Namun demikian, proses perawatan yang sulit dan biaya perawatan tinggi dari bahan ini kadang tidak di pertimbangkan oleh pemilik rumah.

Akibatnya material tersebut tidak di rawat dengan tepat kemudian lebih cepat rusak dan membuat ruangan tampak kusam. Karena itu, sangat penting melakukan riset sebelum memilih material yang hendak anda gunakan untuk kamar mandi.

5. Kurangnya ventilasi

Kamar mandi rentan terhadap penumpukan kelembaban, dan tanpa ventilasi yang memadai, hal ini dapat menyebabkan masalah jamur dan lumut. Kurangnya ventilasi yang memadai mungkin di sebabkan oleh pengerjaan dengan tenaga profesional yang tiadk berkualifikasi.

Karena itu, pastikan kamar mandi di rumah anda memiliki ventilasi yang cukup untuk sirkulasi udara yang lancar.

Share: Facebook Twitter Linkedin
Tips Berburu Produk Kecantikan
Juni 10, 2024 admin

Tips Berburu Produk Kecantikan di Jakarta X Beauty 2024

Tips Berburu Produk Kecantikan – Para pemburu promo tak boleh ketinggalan untuk membeli berbagai skincare serta makeup favorit kamu di gelaran kecantikan tahunan Jakarta X Beauty. Acara ini masih terus berlangsung sampai tanggal 9 Juni 2024 nanti.

Dari pantauan kami, jumlah pengunjung yang datang di hari pertama ke Jakarta X Beauty cukup membludak. Oleh karenanya, agar belanja tetap untung dan aman, kamu wajib simak sampai tuntas beberapa tips berburu promo di Jakarta X Beauty berikut.

Tips berburu produk kecantikan yang sedang promo di Jakarta X Beauty 2024

1. Siapkan bujet dan buat daftar belanja

Salah satu hal wajib dan tidak boleh ketinggalan sebelum berkunjung ke Jakarta X Beauty yaitu menyiapkan bujet dan daftar barang yang ingin di beli.

Dari situ kamu akan lebih efisien waktu ketika berbelanja. Sebab, ada 400 brand yang berpartisipasi. Kalau sudah dapat barang yang ingin di beli, maka kamu bisa berkeliling ke booth lainnya untuk mencoba berbagai aktivitas seru.

Terlebih jika masih ada sisa uang, kamu bisa memakainya untuk berburu barang lain dengan harga miring di waktu tertentu.

2. Datangi booth pada waktu tertentu

Setiap booth memiliki flash sale atau promo besar-besaran dalam waktu terbatas. Biasanya, promo tersebut di bagi menjadi beberapa sesi dan setiap sesinya berlangsung selama satu atau dua jam saja.

Namun jika stok barang sudah ludes di buru oleh pengunjung lain, maka kemungkinan besar flash sale tersebut berakhir lebih cepat dari perkiraan. Berapa merk bahkan memotong harga produk sampai dengan 70 persen ketika waktu flash sale.

3. Ambil brosur untuk cek promo

Jika petugas booth menawarkan brosur kepada kamu, sebaiknya di terima. Sebab, dari brosur tersebut pengunjung bisa mengetahui promo apa yang sedang berlangsung dan membandingkannya dengan booth lain.

Selain itu, brosur juga berguna untuk mengetahui kapan waktu flash sale dari setiap booth berlangsung. Sehingga, kamu bisa mengatur jadwal kunjungan dan datang ketika flash sale berlangsung.

Baca juga: Tips Styling Batik Sesuai Gaya, Formal Hingga Kasual

4. Hindari pembayaran tunai

Semakin siang, pengunjung yang datang akan semakin ramai dan silih berganti. Terlebih ketika waktu flash sale tiba, para pengunjung sudah siap sedia menempati antrean yang panjang.

Agar lebih efisien waktu dan lebih aman, sebaiknya kamu melakukan transaksi secara non tunai. Apalagi dalam kondisi yang padat dan ramai cukup berisiko terjadinya pencurian atau kehilangan barang, khususnya uang.

5. Gunakan pakaian serta sepatu yang nyaman

Jakarta X Beauty di selenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC). Seluruh hall di gunakan untuk acara tersebut, terlebih ada 400 brand yang berpartisipasi. Agar mobilitas pengunjung lebih mudah dan nyaman, sebaiknya kenakan pakaian yang nyaman.

Terpenting pada sepatu atau alas kaki yang di gunakan, pilihlah alas kaki yang paling nyaman di gunakan untuk berjalan jauh dalam waktu lama. Hal ini juga mempermudah pengunjung ketika berpindah dari satu booth ke yang lainnya untuk berburu promo.

 

Share: Facebook Twitter Linkedin
AI Microsoft Windows Recall
Juni 10, 2024 admin

AI Microsoft Windows Recall Bisa Dipakai Curi Data Pribadi

AI Microsoft Windows Recall, Microsoft pekan lalu mengumumkan kehadiran fitur bernama Recall yang di tenagai kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Fitur ini hadir untuk Copilot Plus PC, yakni laptop dengan sistem operasi (OS) bikinan Microsoft, Windows 11, yang di tenagai oleh teknologi AI.

Fitur Recall sejatinya berfungsi untuk mengambil tangkapan layar (screenshot) laptop pengguna secara konstan. AI Microsoft Copilot nantinya bakal memindai (scan) deretan screenshot ini dan mengubahnya menjadi basis data. Pengguna bisa melakukan pencarian (search) berdasarkan data itu.

Meskipun memiliki fungsi yang menarik, Windows Recall di ketahui memiliki potensi bahaya karena bisa di gunakan untuk mencuri data pribadi. Hal ini terungkap oleh pakar keamanan sekaligus peretas beretika (ethical hacker), Alex Hagenah.

Hagenah meluncurkan sebuah alat alias software bernama TotalRecall, yang berguna untuk mengekstrak dan menampilkan data dari fitur Recall di Windows 11. Hal ini bisa di lakukan karena fitur Recall, yang memotret layar laptop pengguna setiap lima detik, menyimpan data (snapshot) pengguna di PC tanpa enkripsi.

Tanpa enkripsi, data pengguna bisa di curi dengan lebih mudah oleh peretas. Jadi, teorinya data pengguna seperti kata sandi (password) dan nomor akun finansial bisa terekspos. “Basis data (Recall) tidak di enkripsi. Semua data di kemas dengan teks biasa,” kata Hagenah.

Baca juga: Tren Teknologi AI Tahun 2024, Makin Canggih

TotalRecall di rancang untuk berjalan pada laptop yang di targetkan dan secara otomatis menemukan lokasi data Recall. Alat tersebut kemudian dapat menetapkan rentang tanggal untuk menganalisis data atau melihat apa yang terjadi di komputer seseorang pada waktu tertentu.

Protes pengambilan kumpulan screenshot pengguna di Recall di sebut hanya membutuhkan dua detik saja. “Peretasan ini mudah di lakukan,” tekan Hagenah. Microsoft sendiri sebelumnya memastikan bahwa data pengguna akan aman karena di simpan di perangkat (on-device) dan tidak  di setor di awan (cloud).

Namun, hal itu tetap berbahaya apabila data Recall tidak di enkripsi, mengingat seluruh media penyimpanan (hard drive) pengguna Windows 11 hanya terenkripsi jika belum login ke akun sistem. Setelah login, semua data tersebut tidak di enkripsi dan bisa di akses peretas.

Yang perlu di catat, Windows Recall masih belum di luncurkan secara luas, baru di Windows 11 versi 26100.712, dan fitur ini bisa di nonaktifkan. Tak hanya itu, Total Recall di rancang untuk Windows 11 versi prarilis (pre-release). Dan beberapa kasus, versi Windows yang tidak di gelontorkan secara luas itu bisa berbeda dari versi finalnya. Microsoft bisa saja menambahkan fitur keamanan ke Recall, yang sebelumnya tidak hadir di versi pre-release.

Kendati demikian, TotalRecall berpotensi membuka jalan bagi peretas yang ingin mencuri informasi sensitif pengguna. Maka dari itu, Microsoft mesti segera merilis fitur keamanan untuk Recall AI.

Respons Microsoft

Ilmuwan AI (AI scientist) Microsoft, Jaime Teevan merespons kekhawatiran seputar privasi pengguna saat memakai Windows Recall. Hal ini di lakukan dalam diskusi yang di adakan di konferensi Stanford Institute for Human-Centered Artificial Intelligence.

Kala itu, akademisi asal Amerika Serikat Erik Brynjolfsson menanyakan berbagai informasi seputar Recall, seperti “Apakah Recall mengumpulkan data pengguna?” Teevan pun menjawab bahwa data tersebut di simpan dalam perangkat.

“Ya, ini adalah hal yang mendasar bagi kami sebagai perusahaan, yang sangat kami pedulikan, yaitu perlindungan data. Jadi, Recall adalah fitur yang menangkap informasi, dan merupakan fungsi lokal Windows, sehingga semua data di simpan secara lokal, tidak ada yang masuk ke cloud,” jawabnya.

Lebih dari itu, pihak Microsoft sendiri belum buka suara terkait bahaya fitur Recall. Kehadiran TotalRecall yang bisa mencuri data meskipun data tersebut di simpan secara lokal di perangkat juga belum di bahas. Secara umum, peneliti keamana siber juga mempertanyakan keamanan fitur Recall ini, misalnya tindakan seperti apa yang akan di ambil Microsoft untuk mencegah akses tidak sah ke absis data Recall pengguna.

Share: Facebook Twitter Linkedin
Pemilihan Presiden Melalui MPR
Juni 9, 2024 admin

Pemilihan Presiden Melalui MPR, Apakah Bisa Atasi Politik Uang?

Pemilihan Presiden Melalui MPR, Pada 5 juni lalu, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 1999-2004 Amien Rais mengaku setuju jika sistem pemilihan presiden di kembalikan lagi kepada MPR seperti pada era sebelum reformasi.

Amien mengaku dulu bersikap naif ketika mengubah sistem pemilihan presiden dari tidak langsung menjadi langsung. Sebab, saat itu ia merasa tidak mungkin seseorang bisa menyogok jutaan rakyat saat pemilu.

“Jadi dulu, itu kita mengatakan kalau di pilih langsung one man one vote, mana mungkin ada orang mau menyogok 120 juta pemilih, mana mungkin? Perlu puluhan mungkin ratusan triliun. Ternyata mungkin. Nah itu,” kata Amien kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan.

“Itu (politik menyogok) luar biasa. Jadi sekarang kalau mau di kembalikan di pilih MPR, mengapa tidak?” kata Ketua Majelis Syuro Partai Ummat tersebut. Pernyataan Amien ini menuai kontroversi. Sebab, ada pendapat yang mengatakan belum tentu pemilihan presiden yang di kembalikan ke MPR bebas dari politik uang.

Awal mula pemilihan langsung

Dalam buku Konstitusi dan Konstitusionalisme Indonesia (2021) karya Jimly Asshiddiqie, sebelum tahun 2004, pemilihan presiden dan wakil presiden Indonesia di lakukan oleh MPR melalui sidang umum.

Sampai akhirnya pada tahun 2001, seiring dengan adanya amandemen Undang-Undang Dasar 1945 maka di mulailah pemilihan umum presiden dan wakil presiden Indonesia secra langsung sesuai dengan pasal 6A Ayat (1) UUD yang menyebutkan, presiden dan wakil presiden dipilih secara langsung oleh rakyat.

Selanjutnya, Presiden Megawati menandatangani Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2003 tentang pemilihan presiden dan wakil presiden pada tanggal 31 juli 2003.

Pasal 5 ayat (4) UU tersebut mengatur bahwa calon presiden dan wakil presiden hanya dapat di ajukan oleh partai politik atau gabungan partai yang mendapatkan sedikitnya 15 presen dari jumlah kursi DPR atau 20 persen dari perolehan suara sah secara nasional dalam pemilu anggota DPR.

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden kemudian di nyatakan terpilih apabila memperoleh sekurang-kurangnya 50 persen dari jumlah seluruh suara dalam pemilihan umum dan sekurang-kurangnya 20 persen suara dari masing-masing provinsi yang tersebar di lebih dari setengah jumlah provinsi di Indonesia. Ketentuan dini di sebutkan dalam Pasal 66 Ayat (2) UU Pemilu.

Baca juga: Anies dan PDI-P, Dulu Bersebrangan Kini Saling Lempar Sinyal

Jika dalam ketentuan tersebut tidak ada pasangan yang terpilih makan selanjutnya di adakan putaran kedua. Saat itu, dua pasangan calon yang memperoleh suara terbanyak pertama dan kedua di pilih kembali secara langsung oleh rakyat dalam pemilihan umum presiden.

Sejak saat itu, pilpres selalu di gelar secara langsung. Rakyat dapat menggunakan hal pilihnya secara langsung. Rakyat dapat menggunakan hak pilihnya secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil setiap lima tahun sekali.

Share: Facebook Twitter Linkedin
Investasi Untuk Generasi Muda
Juni 8, 2024 admin

Investasi Untuk Generasi Muda yang Bisa di Pilih

Investasi Untuk Generasi Muda – Generasi muda saat ini telah banyak yang tertarik dalam dunia investasi, sebagai salah satu cara mewujudkan financial freedom. Investasi adalah kegiatan menyimpan atau menempatkan dana pada periode tertentu untuk memperoleh keuntungan atau peningkatan nilai.

Investasi bisa di lakukan setelah kebutuhan utama dan cadangan dana darurat sudah terpenuhi. Seperti di ketahui, banyak sekali jenis investasi yang bisa di pilih seperti saham, reksadana, deposito, dan lainnya. Lantas, apa saja jenis instrumen investasi yang bisa di pilih oleh generasi muda?

Baca juga: Instrumen Investasi untuk Menyimpan Dana Pensiun

Jenis investasi yang cocok untuk generasi muda

Di kutip dari Kementrian Keuangan (Kemenkeu), setidaknya ada enam jenis investasi yang bisa di pilih oleh generasi muda sebagai berikut:

1. Emas atau logam mulia

Emas menjadi bentuk investasi paling mudah yang bisa di pilih. Investasi emas mempunyai risiko yang lebih lumayan rendah, sebab nilainya cenderung stabil bahkan mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Perlu di ingat, anda bisa memilih emas batangan bukan perhiasan. Emas batangan murni di hitung dari beratnya. Investasi emas di lakukan secara fisik maupun tabungan emas. Anda yang memilih dalam bentuk fisik, perlu memperhatikan penyimpanannya benar-benar aman.

2. Properti

Investasi properti tergolong jangka panjang karena harus menunggu cukup lama untuk memperoleh keuntungan. Investasi properti bisa di lakukan dengan membeli tanah dan membangun properti, setelah itu menjualnya saat harganya sudah cukup tinggi.

Selain itu, investasi properti bisa di lakukan dengan menyewakan properti yang sudah di punyai, sehingga memperoleh penerimaan dari hasil sewa.

Investasi ini memiliki risiko yang rendah karena harganya cenderung terus meningkat. Namun, aset bangunan bisa rusak sehingga membutuhkan perawatan tertentu.

3. Deposito

Investasi ini hampir sama dengan menabung di bank. Bedanya, tingkat bunga deposito lebih tinggi di bandingkan tabungan. Semakin banyak uang yang di depositokan, biasanya bunganya juga akan makin tinggi.

Deposito memiliki jangka waktu atau tenor beragam, mulai dari 1 bulan sampai 12 bulan. Meski begitu, uang yang di deposito tidak bisa di ambil sewaktu-waktu sampai jangka waktu yang sudah di sepakati.

4. Saham

Investasi saham tengah populer di masyarakat. Saham menjadi bukti kepemilikan sebuah perusahaan. Return atau hasil investasi ini berupa dividen dan pertumbuhan nilai saham saat di perjualbelikan kembali.

Meski begitu, tidak semua perusahaan membagikan dividen kepada para investornya. Instrumen saham memiliki risiko lumayan tinggi, tapi biasanya imbal hasilnya juga tinggi.

5. Reksadana

Investasi reksadana sangat cocok bagi investor pemula yang belum begitu memiliki pengalaman di dunia pasar modal. Selain itu, investasi ini juga di rekomendasikan bagi investor yang memiliki dana terbatas.

Meski begitu, pilih produk reksadana yang sesuai dengan profil risiko, kebutuhan, dan tujuan keuangan masing-masing.

6. Obligasi pemerintah

Obligasi pemerintah atau surat utang yang di terbitkan pemerintah, memiliki beberapa macam seperti Obligasi Negara Ritel (ORI), Sukuk Tabungan (ST), Sukuk Ritel (SR), Savings Bond Ritel (SBR), dan lainnya.

Pilih obligasi yang sesuai dengan kebutuhan dan jumlah dana yang di miliki. Beberapa jenis obligasi hanya di tawarkan dalam jangka waktu tertentu, sehingga anda bisa memantau informasi penerbitannya secara berkala.

Demikian ulasan mengenai beberapa jenis investasi yang bias di pilih oleh generasi muda.

Share: Facebook Twitter Linkedin
Tanda Penyedot Debu
Juni 6, 2024 admin

Tanda Penyedot Debu di Rumah Anda Perlu Diganti

Tanda Penyedot Debu, sekalipun penyedot debu anda telah berfungsi dengan baik selama bertahun-tahun, namun kecil kemungkinan peralatan tersebut akan bertahan selamanya. Karena penyedot debu sangat penting kehadirannya, maka anda perlu memperhatikan kapan peralatan tersebut di ganti.

Baca juga: Kriteria Tanah yang Cocok buat Bisnis Properti, Jangan Salah Pilih

Berikut 5 tanda yang mengindikasikan bahwa anda harus segera mengganti penyedot debu di rumah sesegera mungkin.

1. Masalah kelistrikan

Anda harus selalu berhati-hati saat menangani peralatan elektronik yang mengalami masalah kelistrikan. Jika anda mendeteksi munculnya asap, mencium bau terbakar, atau menemukan kerusakan pada kabel listrik, maka belilah pada penyedot debu yang baru.

Bila penyedot debu anda sering kepanasan, ini pertanda ada sesuatu yang tidak berfungsi dengan baik misalnya aliran udara yang tersumbat, motor yang lemah, atau ventilasi yang buruk.

2. Biaya perbaikan yang tinggi

Perbaikan penyedot debu yang terus-menerus dapat menguras sumber daya dan berkontribusi terhadap pemborosan yang tidak perlu.

Jika anda membawa penyedot debu untuk di perbaiki dan harus mengeluarkan biaya hingga 50 persen atau lebih dari biaya pembelian, maka sebaiknya anda mengeluarkan yang untuk membeli peralatan baru.

Penyedot debu umumnya bisa bertahan antara lima hingga delapan tahun tergantung merek dan pemeliharaannya.

3. Teknologi lawas

Penyedot debu lama yang tidak lagi memiliki fitur teknologi tertentu mungkin siap untuk di pesiunkan. Membeli penyedot debu baru yang lebih canggih dengan teknologi yang lebih baik dapat meningkatkan kinerja pembersihan rumah sekaligus mengurangi konsumsi energi listrik.

Misalnya fitur filtrasi HEPA dan hemat energi adalah elemen kunci yang harus di prioritaskan saat berbelanja penyedot debu.

4. Muncul bau tak sedap

Tidak seorang pun menginginkan punya penyedot debu yang bau. Apalagi alat ini di rancang untuk membuat rumah anda terlihat dan terasa lebih bersih.

Jika anda pernah merasakan bau debu yang menyengat bahkan setelah filter di bersihkan atau kantong di ganti, sebaiknya anda mencari penyedot debu baru.

Sumber baunya sendiri mungkin berasal dari beberapa sumber seperti jamur, kelembaban yang terperangkat, kotoran, atau jamur.

5. Hilangnya daya hisap

Jika penyedot debu di rumah anda tidak lagi mampu menyedot kotoran, remah-remah, dan debu dari lantai maka ini tanda bahwa alat tersebut perlu di ganti.

Hilangnya daya hisap penyedot debu dapat di sebabkan oleh berbagai alasan. Misalnya, penggunaan selama bertahun-tahun, kerusakan pada selang atau ada bagian penyedot debu yang robek atau berlubang.

Share: Facebook Twitter Linkedin
Tips Styling Batik
Juni 6, 2024 admin

Tips Styling Batik Sesuai Gaya, Formal Hingga Kasual

Tips Styling Batik, sebagai warisan budaya Indonesia, telah lama menjadi simbol kebanggaan. Meski sering di anggap hanya cocok untuk acara formal, kain batik sudah banyak di gunakan sehari-hari di kesempatan yang lebih kasual.

Direktur Kreatif Purana, Nonita Respati berbagi tips tentang cara styling kain batik untuk berbagai kesempatan.

Baca juga: Tips Berpakaian Agar Memberi Kesan Mendalam

Tips Styling Batik

1. Batik sebagai bawahan

Menajdikan batik sebagai bawahan adalah salah satu hacks yang bisa kamu terapkan. “Saya pribadi gemar mengikat kain batik menjadi bawahan,” kata Nonita di acara Media Gathering Purana SS24 di Jakarta Pusat.

Ide ini sederhana namun efektif. Kamu bisa mengambil kain batik dan mengikatnya menjadi rok lilit yang chic. Setelah itu, padukan dengan atasan putih polos atau blazer hitam untuk tampilan yang elegan namun tetap kasual.

“Kombinasi ini sangat cocok untuk kegiatan sehari-hari atau bahkan acara semi-formal,” tambahnya. Namun, kamu bisa mencari model dan warna atasan sesuai selera dan gaya pribadi.

2. Batik untuk acara formal

Untuk acara formal, Nonita menyarankan padu padan batik dengan blazer hitam dan menambahkan aksesoris seperti bros antik di bagian dada.

“Bros antik bisa menjadi statement piece yang menarik perhatian dan memberikan sentuhan elegan pada penampilan,” jelasnya. Cara ini memastikan bahwa batik bisa tetap menjadi pusat perhatian tanpa terlihat berlebihan.

3. Padu padan dengan aksesoris modern

Aksesoris juga bisa menjadi statement piece untuk melengkapi penampilan kamu saat berbatik. “Saya suka memadukan batik dengan perhiasan sederhana namun modern,” ungkap Nonita.

Kamu bisa mencoba menggunakan anting-anting geometris atau kalung minimalis untuk memberikan sentuhan kontemporer. Pilihan ini tidak hanya menjaga penampilan tetap segar, tetapi juga menunjukkan bahwa batik bisa mengikuti perkembangan zaman.

4. Tetap menghargai esensi batik

Nonita menggarisbawahi, penting untuk tidak merusak esensi dari batik itu sendiri. Sehingga, apapun padanannya, batik yang di gunakan tetap menjadi fokus utama.

“Dalam setiap padu padan, batik tetap bisa menjadi fokus utama,” pesan Nonita. Menghargai motif dan filosofi di balik setiap kain batik adalah kunci dalam menjaga warisan budaya tetap hidup dalam penampilan modern.

Share: Facebook Twitter Linkedin
Tren Teknologi AI
Juni 5, 2024 admin

Tren Teknologi AI Tahun 2024, Makin Canggih

Tren Teknologi AI Tahun 2024, Belum habis rasa takjub oleh kecanggihan ChatGPT dan sejenisnya, teknologi artificial intelligence (AI) terus melahirkan tren baru. Menginjak tahun 2024, AI tidak sekadar konsep futuristik. tetapi telah menjadi kenyataan yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia.

Lalu, apa saja tren teknologi AI tahun 2024 yang menghadirkan berbagai inovasi baru? Berikut jawabannya, seperti di lansir dari laman Forbes.

Generasi Berikut AI Generatif

Sistem AI tidak lagi terbatas pada chatbot sederhana atau meme generator. Sistem Ai akan mampu merangkai narasi kompleks, menyusun koreografi simfoni musik, membantu penulis membuat novel terlaris, hingga mempermudah kerja para desainer. AI generatif makin serba bisa.

Selain mahir menyelaraskan input teks, AI juga pandai menciptakan sesuatu dari gambar, melodi, hingga suara. Dalam kehidupan nyata pendekatan integratif ini melahirkan banyak peluang, seperti pembuatan konten dan pengalaman multisensori yang memikat. Tinggal bagaimana kita memaksimalkan AI secara cerdas dalam bekerja.

Pendek kata, AI menjadi hal utama, bukan sekadar alternatif. Maka, SDM yang andal harus berpikir “bagaimana saya akan menggunakan AI” alih-alih menghindari pemakaiannya. Itu sebabnya, keterbukaan organisasi pada pemakaian perangkat dan aplikasi baru jadi penting dalam implementasi AI generasi berikutnya.

Augmented Working

Augmented working menegaskan posisi AI sebagai partner kerja yang berharga. Bayangkan ahli bedah bekerja dengan diagnostik yang di ringkas AI atau software developer melakukan coding sesuai saran AI. Tentu ada waktu yang di hemat untuk menyelesaikan pekerjaan itu.

Di sisi lain, peningkatan kerja remote dan pendidikan online juga melahirkan revolusi kurikulum yang mengikuti dinamika tim virtual. Dengan kata lain, tahun 2024 kita akan menyaksikan lebih banyak simbiosis bakat manusia dan kecakapan AI yang menunjang produktivitas serta keunggulan dalam berkarya.

Baca juga: Teknologi Terbaru yang Akan Mengubah Dunia di Masa Depan

AI yang Etis

Etika dalam menggunakan AI menjadi isu panas yang membuat banyak pihak meragukannya, Saat mekanisme AI makin banyak menyuguhkan informasi untuk membantu pengambilan keputusan, transparasi dan keadilan jadi faktor penting. Apalagi, model AI makin fleksibel dan dapat di manfaatkan dalam banyak situasi.

Tantangan terbesar ada pada upaya rekayasa algoritma yang netral sekaligus implementasi standar ketat untuk memastikan mekanisme AI berjalan konsisten dan bertanggung jawab. Pada tahun 2024, minat terhadap pendidikan etika AI akan meningkat termasuk menjadikan aspek etika sebagai prioritas dalam penelitian dan pengembangan AI.

Regulasi AI

Perkembangan AI yang belum pernah terjadi ini bukan cuma menarik tech geek. Para pemimpin dunia dan pembuat kebijakan global turut menyoroti AI yang makin merambah kehidupan manusia sehari-hari. Berbagai negara besar, seperti Tiongkok, Uni Eropa, India, dan Amerika Serikat bergerak maju merancang kebijakan AI secara komprehensif.

Tujuan regulasi AI ini ada tiga, yaitu mempercepat terobosan teknologi secara merata, menarik minat investasi global, tetapi juga melindungi masyarakat dari dampak AI yang belum terprediksi. Dengan adanya potensi sinergi internasional, kolaborasi global untuk menyusun standar dan norma AI kemungkinan terwujud dalam waktu dekat.

Quantum AI

Quantum AI merujuk pada komputasi kuantum yang terdengar asing di telinga orang awam. Memang tampak seperti jalan cerita science fiction, tetapi peralihan dari halaman fiksi ke kenyataan berkembangnya penelitian AI itu sudah terjadi. Tahun 2024 menjadi penanda lompatan besar AI dalam berbagai bidang.

AI tidak melulu menjadi monopoli raksasa teknologi. Namun, startup baru juga bisa memanfaatkan dan memberdayakan AI untuk melakukan pengembangan solusi kuantum. Terlebih pada sektor yang menuntut penyelesaian masalah secara kompleks dengan dorongan kemajuan kuantum.

Karena AI dapat di implementasikan dalam banyak situasi, AI pun membentuk ekosistem teknologi sendiri. Ekosistem AI tidak hanya bagian strategi, tetapi ekosistem itu hadir sebagai strategi utama.

Kecerdasan buatan ini pun dapat mengatasi beragam tantangan, seperti manufaktur, produksi pangan, layanan kesehatan, perubahan iklim, hingga mengoptimalkan efisiensi aktivitas bisnis.

Mengamati tren teknologi AI pada tahun 2024 di atas, kita perlu mengikuti perubahan tersebut dan cepat mengadopsinya untuk kehidupan sehari-hari. Suka tidak suka, perubahan itu jadi satu-satunya yang terus muncul secara konstan.

Share: Facebook Twitter Linkedin