Juli 24, 2024

8 Alat Komunikasi Modern dengan Fungsi dan Keunggulannya

8 Alat Komunikasi Modern –  adalah suatau media yang di gunakan utnuk menyampaikan ataupun menerima informasi. Teknologi alat komunikasi modern saat ini berkembang sangat pesat. Perbedaan dari alat komunikasi modern dengan tradisional ditandai dengan unsur teknologinya. Secara umum, jenis alat komunikasi yang modern memanfaatkan aliran listrik, jaringan, sinyal atau teknologi lainnya.

Banyak kelebihan yang dapat kamu peroleh dari menggunakan alat komunikasi modern ini. Penasaran apa saja keunggulannya? Langsung saja simak artikel di bawah ini.

Sebelum membahas keunggulannya, kamu harus tahu dulu apa itu alat komunikasi modern. Alat atau media komunikasi awalnya berasal dari bahasa Latin, yaitu medium yang artinya media (jamak), medium (tunggal), atau secara harfiah adalah perantara dan penyampai.

Di kutip dari laman tersebut, alat komunikasi modern adalah media penyampaian timbal balik suatu pesan dari pengirim kepada penerima pesan secara canggih. Alat komunikasi modern dapat menyampaikan pesan lebih cepat dan praktis ke banyak orang. Alat komunikasi modern sampai sekarang terus berkembang contohnya seperti handphone, televisi, internet, media cetak, dan radio.

Sejarah Alat Komunikasi Modern

Sejarahnya terbentuknya alat komunikasi modern cukup panjang. Sejak dahulu manusia sudah menggunakan banyak alat untuk berkomunikasi dengan orang lain. Di kutip dari situs tersebut, berikut adalah sejarah berkembangnya alat komunikasi hingga menjadi modern.

Lukisan gua adalah metode komunikasi tertua yang di gunakan untuk menandai wilayah. Biasanya ini dia di temukan di dinding dan langit langit gua, contoh nya seperti gua, alat komunikasi berkembang menggunakan sinyal asap, burung merpati, lalu faksimile.

Macam Macam Alat Komunikasi Modern dan Fungsinya

Di zaman serba digital seperti sekarang, berbagai macam alat komunikasi modern banyak di gunakan oleh semua orang baik untuk komunikasi eksternal maupun internal. Di kutip dari Jurnal Alat Komunikasi Modern oleh Wahyu Hidayat di situs tersebut berikut adalah macam macam alat komunikasi modern dan fungsinya

1. Telepon

Telepon ini menjadi sangat populer karena dapat membuat kamu terhubung dengan orang yang berbeda kota tanpa menemuinya secara langsung. Kamu bisa berkomunikasi dengan lebih nyaman. Telepon juga menjadi cikal bakal dari telepon genggam atau sekarang lebih di kenal dengan nama smartphone

2. Smartphone

Smartphone adalah versi lebih modern dari telepon. Fungsinya dari smartphone sama dengan telepon namun dengan fitur fitur lebih canggih. Seperti kualitas kamera, dapat terhubung internet, dapat di gunakan untuk bermain game, permukaan layar sentuh, dan lainnya

3. Koran

Koran termasuk alat komunikasi modern yang biasanya di cetak pada kertas koran berisi berita berita terkini dalam berbagai topik. Selain berita, kamu juga bisa membaca kartun, menyelesaikan teka teki silang (TTS), dan hiburan lainnya

Baca Juga : 10 Contoh Penggunaan Teknologi AI di Dunia Kesehatan

4. Televisi

Televisi bisa kamu gunakan untuk mendapatkan informasi dengan cepat sehingga tergolong alat komunikasi modern. Biasanya televisi di gunakan untuk menyampaikan informasi secara massa.

5. Radio

Radio termasuk alat komunikasi modern penting yang dapat menerima informasi dalam bentuk suara atau sinyal dengan menggunakan gelombang elektromagnetik

6. Komputer

Selanjutnya adalah komputer yang digunakan untuk mengelola data dan cukup penting dalam alat komunikasi modern. Komputer dapat menerima surel dan terhubung internet, sehingga bisa bertukar pesan dengan orang lain. Tidak hanya sebagai alat komunikasi, komputer dapat menyimpan data dan dokumen penting berbentuk ketikan ataupun video.

7. Surat Elektronik atau Surel

Surat elektronik atau biasa dikenal dengan surel atau email merupakan alat komunikasi modern berupa surat digital. Suurat elektronik adalah pengganti dari teknologi komunikasi surat menyurat yang masih menggunakan perangko dan kotak pos. Sedangkan untuk surat elektronik hanya membutuhkan internet dan pesan akan diterima oleh penerima secara instan.

8. Jaringan Internet

Terakhir adalah jaringan internet. Kehadiran jaringan internet membuat hubungan manusia semakin dekat dan mudah. Internet memampukan orang untuk berkomunikasi sekaligus saling bertatap muka walaupun di tempat berbeda ataupun negara berbeda. Selain itu, dengan internet orang bisa mengakses informasi seperti berita, tips, artikel, video, dan lainnya.

Keunggulan Menggunakan Alat Komunikasi Modern

Terdapat beberapa keunggulan yang bisa kamu dapatkan dari menggunakan alat komunikasi modern. Mengutip dari laman Oak Engage, berikut adalah keunggulanya

1. Konektivitas yang Lebih Baik

Pentingnya alat komunikasi modern adalah konektivitas yang baik, terutama dengan fitur fitur yang lebih banyak. Contohnya seperti pesan lebih cepat di terima oleh penerima pesan.

2. Jangkauan Luas

Dengan alat komunikasi modern, jangkauan komunikasi bisa menjangkau seluruh dunia. Terutama dengan adanya jaringan internet. Bahkan kamu bisa melakukan video call dengan orang di berbeda negara.

Itulah fungsi dari alat komunikasi modern dan keunggulannya. Semoga informasi ini bermanfaat ya

Share: Facebook Twitter Linkedin
Tinggalkan Balasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *