Juni 25, 2024

Alat Transportasi Darat serta Penjelasan & Contoh Gambarnya

Alat Transportasi Darat – Semakin maju perkembangan zaman, semakin berkembang pula alat-alat transportasinya. Kendaraan alat transportasi yang berkembang kini pun semakin canggih. Alat transportasi di bedakan menjadi alat transportasi udara, laut, dan darat.

Alat transportasi yang banyak di gunakan dan hidup berdampingan dengan kita adalah alat transportasi darat.

Transportasi darat merupakan sarana perhubungan yang paling banyak di minati oleh masyarakat sebab penggunaannya yang mudah dan fleksibel.

Lalu, apa yang dimaksud dengan alat transportasi darat? Pada artikel berikut akan di jelaskan mengenai lebih lanjut mengenai pengertian, perkembangan, jenis-jenis, contoh, dan di sertai dengan gambar transportasi darat.

Alat Transportasi Darat

Transportasi darat adalah sebuah kendaraan yang berada di darat dan menggunakan jalan untuk mengangkut penumpang atau barang.

Kendaraan transportasi darat penggunaannya sangat dominan di Indonesia di bandingkan dengan transportasi laut dan udara.

Alat transportasi darat adalah jenis transportasi yang paling dekat dengan kita karena sehari-hari di gunakan.

Banyak orang yang menggunakan sepeda, motor, dan mobil untuk mobilisasi sehari-hari. Ketiga benda tersebut termasuk ke dalam kendaraan alat transportasi darat.

Gambar alat transportasi darat dapat kalian lihat di bawah ini agar kalian dapat lebih paham mengenai jenis-jenis alat transportasi darat beserta dengan fungsinya.

Perkembangan Alat Transportasi Darat di Indonesia

Di Indonesia sendiri, sejarah transportasi darat banyak di pengaruhi oleh Belanda yang dulu masih menjajah Indonesia.

Pada saat itu, banyak yang masih mengandalkan kuda, gerobak, dan becak untuk mengangkut manusia dan barang.

Perkembangan transportasi darat di tandai dengan majunya kendaraan transportasi dan jalan saat ini. Kereta api yang kini membentang di pulau Jawa perkembangannya semakin maju. Penemuan roda juga menandai perkembangan transportasi darat hingga saat ini.

Contoh Transportasi Darat

Transportasi darat adalah sebuah kendaraan yang banyak di gunakan serta memiliki banyak jenisnya.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai macam-macam beserta dengan gambar alat transportasi darat.

Baca Juga : 8 Alat Komunikasi Modern dengan Fungsi dan Keunggulannya

1. Sepeda Motor

Sepeda motor merupakan alat transportasi darat yang populer dan banyak di gunakan di Indonesia.

Banyak orang menggunakan motor untuk menjalankan mobilitasnya karena ukuran motor yang simpel dan perawatan mudah serta harga yang terjangkau.

Bahan bakar minyak dari motor adalah bensin dan mesin sebagai penggerak. Di Indonesia, untuk mengendarai motor Anda harus memiliki SIM C atau surat izin mengemudi. Selain itu, juga di perlukan beberapa kelengkapan dokumen, seperti STNK.

2. Alat Transportasi Darat Mobil

Mobil adalah alat transportasi darat yang banyak di gunakan oleh manusia di seluruh dunia. Mobil mengandalkan mesin sebagai penggerak dan bensin sebagai bahan bakar. Namun, saat ini sudah banyak beredar mobil bertenaga listrik yang bisa di-charge.

Mobil dapat di gunakan hingga 7 orang, tergantung pada jenisnya. Mobil adalah alat transportasi yang juga sering di gunakan untuk mengangkut barang karena adanya bagasi mobil dengan kapasitas yang cukup lebar.

3. Alat Transportasi Darat Truk

Alat transportasi darat yang sering di gunakan untuk mengangkut barang adalah truk. Truk sangat lazim di gunakan untuk mengangkut dan memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain. Barang yang di angkut oleh truk juga bermacam-macam, yaitu kayu, batu, pasir, dan sebagainya.

Jenis truk juga beragam sesuai dengan ukuran dan fungsinya. Jenis-jenis truk, antara lain pick-up, truk fuso, truk trailer, truk tronton, truk engkel, dan sebagainya.

4. Alat Transportasi Darat Bus

Kapasitas penumpang bus sangat banyak sehingga sering di gunakan untuk mengangkut satu rombongan orang dan barang sekaligus. Di bagian bawah bus terdapat bagasi untuk menyimpan barang bawaan yang berukuran besar.

Bus juga merupakan transportasi darat yang sering di gunakan untuk bepergian. Banyak jenis-jenis bus yang ada di Indonesia, antara lain bus pariwisata, bus TransJakarta, bus antarkota antarprovinsi, dan sebagainya.

5. Kereta Api

Kereta api adalah transportasi darat yang berguna untuk mengangkut penumpang dan barang. Jenis kereta api pun terdapat kereta api untuk mengangkut penumpang dan barang.

Kereta api berjalan di atas rel khusus dan rodanya terbuat dar besi. Kereta api merupakan salah satu pilihan transportasi darat untuk melakukan perjalanan jauh selain transportasi laut dan udara.

Di Indonesia kini banyak sekali jenis-jenis kereta api yang berkembang, antara lain Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ), Commuter Line (KRL), kereta bandara, Mass Rapid Transit (MRT), Light Rail Transit (LRT), dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang terbaru.

6. Trem

Sama seperti kereta api, trem adalah kereta yang memiliki rel khusus berada di dalam dan tengah kota.

Rel yang di gunakan trem berbeda dengan rela yang di gunakan kereta api. Letak rel dari trem ini berbaur menjadi satu dengan lalu lintas kota.

Bobo trem biasanya lebih ringan dan pendek dibandingkan kereta biasa. Saat ini, trem menggunakan tenaga listrik yang biasanya di aliri pantograf dari listrik aliran atas.

Di Indonesia, trem dulu di gunakan di Batavia (sekarang Jakarta) pada tahun 1896, tetapi transportasi ini sekarang di hilangkan.

7. Sepeda

Sepeda adalah alat transportasi paling sederhana karena di gerakkan dengan kaki manusia dan tidak membutuhkan mesin.

Kehadiran sepeda sudah di kenal sejak zaman dulu sebelum berkembangnya alat transportasii darat lainnya.

Fungsi dari sepeda awalnya adalah sebagai angkutan pribadi dan barang dengan skala yang ringan. Namun, saat ini sepeda di gunakan sebagai salah satu olahraga dan termasuk ke dalam gaya hidup.

8. Skuter

Skuteer adalah kendaraan yang memiliki roda dua dan memiliki lantai di bagian dasarnya yang berguna untuk diinjak oleh pengendara.

Skuter biasa di sebut juga dengan scooter memiliki gagang kemudi atau stang sehingga mudah untuk di kendarai.

9. Becak

Contoh transportasi darat ini hanya dapat di temui di beberapa daerah saja. Becak adalah transportasi di darat yang juga ramah lingkungan karena cara menggunakannya dengan cara di kayuh. Namun, saat ini terhadap perkembangan becak dengan mesin.

Bagian belakang becak adalah tempat duduk pengayuh becak. Sementara di bagian depan terdapat kursi untuk tempat duduk penumpang. Terdapat kanopi juga untuk penumpang agar tidak kepanasan dan kehujanan.

10. Bajaj

Bajaj juga merupakan alat transportasi yang hanya dapat di temui di beberapa daerah saja. Bentuk dari bajaj adalah sepeda motor dengan roda tiga. Bagian depan khusus untuk tempat pengemudi sedangkan bagian belakang untuk penumpang.

Penyebutan Bajaj di tiap daerah berbeda-beda. Di Indonesia orang menyebutnya dengan bajaj atau bemo sedangkan di Thailand di kenal dengan Tuktuk.

Share: Facebook Twitter Linkedin
Tinggalkan Balasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *