Juni 25, 2024

Strategi Berinvestasi Supaya Cuan dan Minim Risiko Kerugian

Strategi Berinvestasi, salah satu cara memenuhi tujuan keuangan dengan berinvestasi. Oleh sebab itu, tentukan terlebih dahulu, apa tujuan investasi anda? Selain itu, pilihan investasi termasuk hal penting untuk kita dapat melawan inflasi atau kenaikan harga jangka panjang. Dengan begitu, pendapatan yang di miliki saat ini bisa di optimalkan membantu persiapan pemenuhan kebutuhan masa depan.

Inflasi jangka panjang bisa menggerogoti kemampuan finansial kita di masa depan bila tidak ada antisipasi dari jauh – jauh hari. Menabung saja tidak cukup ketika imbal hasil yang di berikan hanya di bawah tren inflasi. Anda perlu menimbang untuk memulai investasi di produk investasi, supaya risiko inflasi yang mengakibatkan penurunan nilai uang dalam jangka panjang bisa di lawan.

Persoalannya, walau banyak kalangan mungkin sudah menyadari pentingnya berinvestasi, tidak sedikit pula yang ragu memulai memilih produk investasi karena kgawatir merugi. Perlu di catat, pilihan investasi memang berbeda dengan menabung. Bila seseorang menabung atau menempatkan dana di produk simpanan/tabungan di bank, ia berhak memperoleh penjaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) selama memenuhi persyaratan penjaminan.

Sebaliknya, dalam produk investasi, tidak ada penjaminan. Ada risiko kerugian penurunan nilai. Ada risiko kerugian penurunan nilai aset produk investasi hingga risiko kehilangan modal investasi. Akan tetapi, risiko itu sebanding dengan peluang tingkat investasi menguntungkan.

Namun, perlu anda ingat, risiko justru akan lebih besar bila seseorang terus menunda memulai pilihan investasi. Kebutuhan di masa depan bisa terancam tidak terpenuhi apabila tidak ada persiapan antisipasi dana jauh – jauh hari.

Jadi, jalan yang di sarankan adalah memulai berinvestasi sesegera mungkin dengan strategi yang tepat sehingga masa depan yang sejahtera dapat di siapkan dengan lebih baik.

Strategi Berinvestasi Supaya Cuan

Investasi memang memiliki risiko kerugian yang sebanding dengan peluang untungnya. investasi menguntungkan bukan hal mustahil, bila anda bisa meminimalisir risiko kerugian dengan strategi yang tepat. Berinvestasi bisa di lakukan supaya bisa cuan dengan beberapa trik utama sebagai berikut.

  1. Pertama, kenali profil risiko anda. Setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda terhadap risiko investasi (risko appetite). Secara umum, profil risiko investor terbagi dalam tiga kategori yaitu investor konservatif yang mengutamakan kestabilan imbal hasil walaupun rendah dan tidak nyaman dengan fluktuasi pasar yang tajam, serta enggan menanggung kerugian apalgi sampai kehilangan modal investasi.

    Lalu, ada investor moderat yang masih bisa menoleransi volatilitas pasar dan bersedia menanggung risiko kerugian di level tertentu serta ingin mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi.

    Terakhir adalah investor agresif yang ingin mendapatkan keuntungan maksimal serta bersedia menanggung risiko kerugian besar, ia tidak keberatan dengan volatilitas tajam. Anda bisa mengetahui profil risiko sebagai investor melalui kuesioner yang wajib di isi sebagai persyaratan sebelum melakukan investasi.

    Baca juga : IHSG Bakal Menguat, Berikut Rekomendasi Saham Hari ini

  2. Kedua, sesuaikan time horizon investasi dan tujuan keuangan. Apabila tujuan penggunaan dana masih lama, misalnya di atas 10 tahun, itu berarti time horizon investasi anda adalah jangka panjang.

    Dengan begitu, anda bisa menimbang penempatan investasi di instrumen yang berpotensi memberi cuan maksimal dalam jangka panjang. Demikian juga sebaliknya bila target penggunaan dana adalah jangka pendek atau dalam waktu dekat, strategi berinvestasi adalah memutuskan pilihan investasi di instrumen yang lebih likuid serta risikonya rendah.

  3. Ketiga, pilih produk investasi sesuai tujuan keuangan. Misalnya, bila di tujukan untuk menyiapkan kebutuhan dana pensiun yang masih lama, 20 tahun lagi misalnya, strategi yang di sarankan adalah berinvestasi di instrumen yang secara historis tumbuh tinggi dalam jangka panjang. Misalnya, saham atau reksa dana saham.

Menerapkan strategi bisnis berinvestasi menjadi hal penting agar anda bisa mewujudkan hidup sejahtera. Supaya upaya itu bisa berjalan lancar, ada baiknya anda lebih dulu memastikan keuangan pribadi sudah cukup memiliki bantalan, melalui kecukupan dana darurat, dan pemenuhan kebutuhan proteksi asuransi.

Berinvestasi untuk future spending sebaiknya di lakukan memakai uang dingin (disposable income) di mana ketika terjadi kerugian, keuangan pribadi anda tidak terganggu. Jadi, pastikan anda sudah memiliki memenuhi kebutuhan proteksi dasar seperti asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, serta dana darurat untuk membantu anda ketika terjadi kebutuhan mendadak dan saat pendapatan tersendat. Siapkan setidaknya tiga kali jumlah pengeluaran rutin bulanan sebagai emergency fund.

Minimalisir Risiko Dengan Memiliki Proteksi

Menyadari bahwa setiap investasi memiliki resiko, maka manajemen risiko yang baik sangat penting dalam strategi berinvestasi. Selain risiko investasi, kita pun perlu mempertimbangkan faktor risiko kehidupan. Misalnya, jika timbul penyakit kritis yang menguras biaya besar atau menghilangkan pendapatan. Maka investasi yang kita miliki pun akan terganggu, bahkan terancam untuk terhenti.

Oleh sebab itu, proteksi asuransi mutlak di butuhkan, untuk membantu anda mengelola segala risiko finansial dan risiko kehidupan.

Share: Facebook Twitter Linkedin
Tinggalkan Balasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *